Evaluasi program boarding school dalam pembentukan karakter religius siswa difabel di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Kendal

Ahadia, Dyas Nuril (2023) Evaluasi program boarding school dalam pembentukan karakter religius siswa difabel di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016115_DYAS_NURIL_AHADIA] Text (SKRIPSI_1903016115_DYAS_NURIL_AHADIA)
1903016115_Dyas Nuril Ahadia_Full_Skripsi - Dias Nuril.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Anak disabilitas tidak hanya memerlukan ilmu pengetahuan umum, tetapi juga membutuhkan bekal pengetahuan tentang agama. Salah satu SLB yang memiliki program boarding school adalah SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Kendal yang berlokasi di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Seiring berjalannya program boarding, diperlukan adanya evaluasi untuk mengukur dan menilai keberhasilan program boarding school dalam upaya pembentukan karakter religius siswa difabel di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Kendal. Mengingat bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi siswa difabel sangat penting untuk diterapkan untuk membentuk siswa yang berakhlakul karimah serta dapat menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program boarding school yang ada di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Kendal dalam upaya penanaman karakter religius. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikemukakan oleh Stufflebeam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data yang diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa evaluasi program boarding school pada aspek context dinilai baik. Upaya pembentukan karakter religius siswa difabel melalui program boarding school sudah tersusun dalam latar belakang, tujuan serta didukung dengan adanya landasan hukum pendirian boarding school dari pemerintah. Evaluasi pada aspek input dinilai baik. Upaya pembentukan karakter religius siswa difabel melalui program boarding school sudah memadai. Ditandai dengan terpenuhinya kompetensi kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan, pengelolaan dana, daya tampung dan kondisi sarana prasarana yang ada. Evaluasi pada aspek process dinilai baik. Upaya pembentukan karakter religius siswa difabel melalui program boarding school sudah memadai ditunjang dari adanya perencanaan, proses hingga penilaian dalam pembelajaran. Evaluasi pada aspek product dinilai baik. Hasil dari upaya pembentukan karakter religius siswa difabel melalui program boarding school sudah terlihat dari laporan hasil penilaian siswa dan lulusan program boarding school. Hal ini menunjukkan bahwa, terselenggaranya boarding school di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Kendal dapat menghasilkan lulusan yang memiliki karakter religius yang dapat mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program; Boarding School; Karakter Religius
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 28 Oct 2023 01:58
Last Modified: 28 Oct 2023 01:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21979

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics