Sistem informasi pengelolaan dokumen pertanggungjawaban pada kegiatan pendaftaran tanah sistematis lengkap di Kantor Pertanahan Kota Semarang

Setyawati, Mia Putri (2023) Sistem informasi pengelolaan dokumen pertanggungjawaban pada kegiatan pendaftaran tanah sistematis lengkap di Kantor Pertanahan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1908096014_Mia Putri Setyawati_Lengkap] Text (Skripsi_1908096014_Mia Putri Setyawati_Lengkap)
1908096014_Mia Putri Setyawati_Lengkap - Mia Putri Setyawati.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Staf tata usaha pada kantor pertanahan kota semarang dalam pembuatan maupun pengelolaan dokumen pertanggungjawaban kegiatan PTSL masih dilakukan secara manual menggunakan software umum yaitu menggunakan microsoft word dan excel. Banyaknya dokumen yang ada menyebabkan waktu yang relatif lama dalam pembuatannya. Banyaknya dokumen yang dibuat secara manual juga menimbulkan kendala seperti kesalahan maupun ketidaksesuaian antar dokumen. Kemudian pengelolaan dokumen yang tidak teratur dan pengarsipan dokumen pertanggungjawaban yang masih dalam bentuk hardcopy dapat memungkinkan terjadinya kehilangan dokumen dan sulitnya pencarian dokumen ketika dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan merancang sistem informasi pengelolaan dokumen pertanggungjawaban kegiatan PTSL di kantor pertanahan kota semarang dengan harapan dapat memberikan kemudahan bagi karyawan utamanya staf tata usaha pada kantor Pertanahan Kota Semarang dalam proses pembuatan dan pengelolaan dokumen pertanggungjawaban pada kegiatan PTSL. Sistem ini dibuat dengan model pengembangan waterfall dan pengujian menggunakan kriteria Functional Suitability dengan metode black box testing menghasilkan persentase keberhasilan 100%. Serta pengujian dengan kriteria usability dengan menggunakan metode user acceptence test menghasilkan persentase pengujian 95,87 %. Berdasarkan hasil tersebut Sistem Informasi Pengelolaan Dokumen Pertanggungjawaban Pada Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Di Kantor Pertanahan Kota Semarang termasuk pada kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi; Pengelolaan dokumen; Metode waterfall
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 59201 - Teknologi Informasi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Oct 2023 02:28
Last Modified: 28 Oct 2023 02:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21983

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics