Coffee shop sebagai gaya hidup baru remaja di pedesaan : studi di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

Ramadhan, Galih Iqbal (2023) Coffee shop sebagai gaya hidup baru remaja di pedesaan : studi di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1706026102_Galih_Iqbal_Ramadhan] Text (Skripsi_1706026102_Galih_Iqbal_Ramadhan)
1706026102_Galih Iqbal Ramadhan_Tugas Akhir - Galih Iqbal(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Keberadaan coffee shop merupakan salah satu usaha industri yang saat ini telah digemari oleh khalayak umum, yang mulai tertuju pada remaja yang ada di pedesaan, termasuk Kecamatan Gringsing yaitu Coffee Shop Bedjana dan Coffee Shop Kawula. Coffee Shop Bedjana dan Coffee Shop Kawula menyediakan berbagai varian menu makanan yang menarik, minuman coffee juga non coffee disertai konsep interior yang unik dan menarik, serta fasilitas yang nyaman dan karyawan yang ramah sehingga hal tersebut menjadi salah satu faktor keinginan remaja mengunjungi Coffee Shop. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas remaja di coffee shop dan alasan remaja menyukai coffee shop.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif serta dengan pendekatan naratif deskriptif. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori masyarakat konsumsi Jean Paul Baudrillard. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menganalisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa coffee shop menjadi telah menjadi tempat yang disukai remaja, bukan hanya sekedar untuk menikmati kopi saja tapi banyak aktivitas yang mereka lakukan saat berada di coffee shop. Selain itu coffee shop telah menjadi daya tarik remaja untuk selalu datang ke coffee shop, bukan karena faktor coffee shop saja namun juga karena keinginan mereka sendiri untuk datang ke coffee shop.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Coffee shop; gaya hidup; remaja; pedesaan
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 28 Oct 2023 06:31
Last Modified: 28 Oct 2023 06:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21987

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics