Sistem Informasi Pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah (SIPZIS) pada Masjid Al - Hidayah Kabupaten Bekasi berbasis web

Arsy, Tasya Nabila (2023) Sistem Informasi Pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah (SIPZIS) pada Masjid Al - Hidayah Kabupaten Bekasi berbasis web. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1908096055_Tasya Nabila Arsy_Lengkap] Text (Skripsi_1908096055_Tasya Nabila Arsy_Lengkap)
Skripsi_1908096055_Tasya Nabila Arsy_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Sistem informasi pengelolaan ZIS dimaksudkan untuk memudahkan Bendahara DKM Al - Hidayah maupun jamaah masjid dalam pengelolaan dana ZIS dan pembukuan yang akurat, mudah dan efisien. Dewan Kemakmuran Masjid Al – Hidayah Kabupaten Bekasi selama ini masih menggunakan proses manual dalam pengelolaan dana ZIS. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk membuat sistem informasi pengelolaan ZIS berbasis website. Tujuan dari sistem informasi ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada Bendahara DKM Al – Hidayah dalam melakukan pengelolaan dana ZIS dan penyaluran Zakat, mencetak laporan dana ZIS serta kemudahan untuk jamaah Masjid Al – Hidayah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu waterfall yang terdiri dari tahap requirement, design, implementatiton, verification, dan maintenance. Berdasarkan hasil dari pengujian yang melibatkan 15 orang responden yang terdiri dari Bendahara dan Pengurus DKM Al – Hidayah serta jamaah Masjid Al – Hidayah. Hasil pengujian blackbox dapat disimpulkan sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya. Hasil dari pengujian UAT didapatkan hasil persentase sebesar 91%, yang berarti sistem dikategorikan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi; Pengelolaan Zakat; Infaq; Sedekah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 59201 - Teknologi Informasi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Nov 2023 05:12
Last Modified: 09 Nov 2023 05:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21989

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics