Implementasi metode talaqqi dan takrir pada mata pelajaran Al-Qur’an dan hadits di SMA Al-Islam 1 Surakarta

'Andini, Zahrotin Nisa (2023) Implementasi metode talaqqi dan takrir pada mata pelajaran Al-Qur’an dan hadits di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016135_ZAHROTIN_NISA] Text (SKRIPSI_1903016135_ZAHROTIN_NISA)
1903016135_Zahrotin Nisa_Full Skripsi - zahrotin nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi (penerapan) dan hasil dari metode talaqqi dan takrir dalam menghafal al-Qur’an dan hadits di SMA Al-Islam 1 Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan sudut pandang fenomenologis. Adapun yang menjadi informan pada penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Kepala Manajemen Tahfidz, Guru Pembimbing Tilawah dan Tahfidz, Guru Pembimbing Hadits serta siswa SMA Al-Islam 1 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan didukung dengan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi atau penerapan metode hafalan dengan sistem talaqqi dan takrir dalam menghafal al-Qur’an dan hadits siswa berkategori baik berdasarkan hasil penelitian yang menunjukan aspek kualitas hafalan al-Qur’an dan hadits dengan predikat B, pencapaian hafalan al-Qur’an dan hadits juga menunjukkan target hafalan yang sesuai target dan telah terlampaui. Dengan demikian, penerapan metode hafalan ini menunjukkan hasil hafalan siswa yang baik. Berdasarkan penelitian metode pembelajaran talaqqi dan takrir memiliki kekurangan dan kelebihan dalam penerapannya, serta kedua metode ini dapat digabungkan dalam prosesnya sehingga memudahkan siswa dalam menghafal al-Qur’an dan hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Talaqqi; Takrir; Al-Qur’an; Hadits; Hasil Hafalan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 28 Oct 2023 07:04
Last Modified: 28 Oct 2023 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22003

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics