Upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi pasca pandemi : studi di Desa Moro Demak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak

Aryani, Erlina Puji (2023) Upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi pasca pandemi : studi di Desa Moro Demak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806026035_Erlina_Puji_Aryani] Text (Skripsi_1806026035_Erlina_Puji_Aryani)
1806026035_Erlina Puji Aryani_Lengkap Tugas Akhir - Erlina Aryani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Masalah pengangguran dan tekanan sosial ekonomi di masa pandemi covid-19 memang menjadi persoalan di Desa Moro Demak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Masyarakat memang mendapatkan berbagai bantuan di masa covid-19 seperti bantuan sosial tunai, bantuan sosial non tunai dari pemerintah, namun hal tersebut sementara, selain itu ketika masyarakat bisa melaut namun harga ikan menjadi murah karena banyak restoran dan pabrik yang biasa menampung hasil ikan nelayan banyak yang tutup atau mengurangi belanja ikannya karena pembatasan yang dilakukan pemerintah.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis upaya pemberdayaan masyarakat Desa Moro Demak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi pasca pandemi. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis problematika yang dihadapi dalam upaya pemberdayaan masyarakat Desa Moro Demak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi pasca pandemi
Penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan Jim Ife untuk menguraikan kejadian-kejadian di lapangan menjadi suatu analisis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Adanya pengembangan usaha produktif masyarakat melalui UMKM membawa dampak yang cukup baik terhadap kemajuan perekonomian masyarakat Desa Moro Demak (2) Melakukan pelatihan wirausaha terhadap masyarakat ini terus digerakan dengan tujuan untuk memulihkan kembali keadaan sosial dan ekonomi masyarakat (3) Perbaikan Infrastruktur Desa dan Pengembangan Agro Wisata agar masyarakat khususnya perempuan bisa berperan dan berdaya dengan menjual anekan hidangan bagi para pengunjung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Masyarakat, Kesejahteraan, Ekonomi
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 28 Oct 2023 07:15
Last Modified: 28 Oct 2023 07:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22007

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics