Studi komparasi perilaku sosial keagamaan siswa boarding school dan non boarding school di MAN 2 Kudus

Setiawati, Fitriana (2023) Studi komparasi perilaku sosial keagamaan siswa boarding school dan non boarding school di MAN 2 Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016146_FITRIANA_SETIAWATI] Text (SKRIPSI_1903016146_FITRIANA_SETIAWATI)
SKRIPSI_1903016146_ Fitriana Setiawati - Copy (1) - Fsea.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat peran lingkungan dan konteks sosial dalam membentuk perilaku sosial keagamaan siswa. Boarding school memiliki lingkungan yang berbeda dari siswa yang tinggal di rumah (non boarding school), termasuk dalam hal ketersediaan waktu, pengawasan, dan konteks sosial yang berbeda. Oleh karena itu, studi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku sosial keagamaan siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan jenis yang diambil adalah komparatif deskriptif. Yaitu penelitian yang membandingkan dua gejala atau lebih. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik MAN 2 Kudus yang tinggal di Boarding school dan non Boarding school khususnya siswa yang tinggal di rumah. Untuk menentukan jumlah sampel, peneliti menggunakan rumus Slovin dengan hasil 88 sampel dengan masing-masing jumlah : 24 siswa boarding, dan 64 siswa non boarding.
Berdasarkan penyajian data dan analisis diketahui nilai signifikasi sebesar 0,709 < 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan hipotesis nol (H0) diterima. Dengan begitu penelitian berjudul Studi Komparatif Perilaku Sosial Keagamaan Siswa Boarding School dan Non Boarding School di MAN 2 Kudus dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara perilaku sosial keagamaan siswa Boarding school dan Non Boarding school di MAN 2 Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku Sosial Keagamaan; Siswa Boarding dan Non Boarding
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 28 Oct 2023 07:39
Last Modified: 28 Oct 2023 07:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22014

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics