Ritual ganti kelambu sebagai pengembangan obyek daya tarik wisata Makam Syekh Junaedi al Baghdadi Desa Randusanga Kabupaten Brebes

Nurpujanto, Muhammad Ichsan (2023) Ritual ganti kelambu sebagai pengembangan obyek daya tarik wisata Makam Syekh Junaedi al Baghdadi Desa Randusanga Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1901036055_MUHAMMAD_ICHSAN_NURPUJIANTO_SKRIPSI] Text (1901036055_MUHAMMAD_ICHSAN_NURPUJIANTO_SKRIPSI)
1901036055_Muhammad Ichsan Nurpujianto_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penulis Muhammad Ichsan Nurpujanto, NIM: 1901036055, Skripsi Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan Judul “Ritual Ganti Klambu Sebagai Pengembangan Obyek Daya Tarik Wisata Makam Syekh Junaedi Al Baghdadi Desa Randusanga Kabupaten Brebes”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosesi ritual ganti klambu makam Syekh Junaedi Al Baghdadi di Desa Randusanga Kabupaten Brebes dan mengetahui strategi pengembangan obyek daya tarik wisata religi makam Syekh Junaedi Al Baghdadi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa makam Syekh Junaedi Al Baghdadi merupakan makam yang bersejarah dan makam yang memiliki unsur budaya yang dapat dijadikan sebagai daya tarik wisata. Salah satu budaya yang dapat dijadikan pengembangan obyek daya tarik wisata di makam Syekh Junaedi Al Baghdadi yakni ritual ganti kelambu. Ritual ganti kelambu merupakan suatu tindakan religi dan Tindakan manusia dalam melaksanakan kebaktian kepada Allah SWT. Ritual adalah bentuk upacara keagamaan yang bertujuan untuk penghormatan kepada seseorang yang memiliki pengaruh besar. Ritual ganti kelambu makam Syekh Junaedi Al Baghdadi dapat dijadikan strategi dalam pengembangan wisata yang ada di Desa Randusangan Weytan Kabupaten Brebes. Maka dari itu tradisi ritual ganti kelambu harus dikelola dengan baik sebagai strategi untuk menarik minat berkunjung wisatawan ke makam Syekh Junaedi Al Baghdadi. Dalam penelitian ini analisis pengembangan wisata menggunakan analisis SWOT yakni Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities), Ancaman (Threats). Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi yang diharapkan dapat memecahkan suatu masalah terutama dalam pengembangan obyek daya tarik wisata makam Syekh Junaedi Al Baghdadi melalui ritual ganti kelambu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ritual; Pengembangan Wisata Religi; Obyek Daya Tarik Wisata; SWOT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
300 Social sciences > 350 Public administration > 354 Of specific central governments
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 28 Oct 2023 08:33
Last Modified: 28 Oct 2023 08:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22022

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics