Internalisasi nilai moderasi beragama melalui ekstrakurikuler rohani islam di SMA Negeri 13 Semarang

Sabila, Najih Ahda (2023) Internalisasi nilai moderasi beragama melalui ekstrakurikuler rohani islam di SMA Negeri 13 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016154_NAJIH_AHDA_SABILA] Text (SKRIPSI_1903016154_NAJIH_AHDA_SABILA)
1903016154_Najih Ahda Sabila_Full_Skripsi - Najih Ahda Sabila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang internalisasi nilai moderasi beragama yang dilakukan melalui ekstrakurikuler rohani Islam di SMA Negeri 13 Semarang. Tujuan internalisasi ini adalah untuk pembentukan kepribadian siswa yang moderat dalam beragama. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMA Negeri 13 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat internalisasi nilai moderasi beragama yang dihayati melalui ekstrakurikuler rohani Islam di SMA Negeri 13 Semarang. Nilai-nilai moderasi beragama yang dinternalisasikan berupa nilai komitmen kebangsaan (menyanyikan lagu kebangsaan disetiap pagi hari), toleransi (santunan anak yatim pada bulan Muharam yang diberikan kepada siswa muslim maupun non muslim), anti kekerasan (menjaga persatuan dan kesatuan, tidak ada kasus perkelahian antar agama), akomodatif budaya lokal (gotong royong, salam sapa, ziarah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; Moderasi Beragama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 28 Oct 2023 08:32
Last Modified: 28 Oct 2023 08:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22023

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics