Strategi penguatan profil pelajar pancasila di SMA Islam Al-Azhar 16 BSB Semarang

Azizah, Nila (2023) Strategi penguatan profil pelajar pancasila di SMA Islam Al-Azhar 16 BSB Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016161_NILA_AZIZAH] Text (SKRIPSI_1903016161_NILA_AZIZAH)
Skripsi Azizah Done - nila azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterkaitan penulis dengan Strategi penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Islam Al- Azhar 16 BSB Semarang. Adanya dimensi, diantara lain: 1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, 2. Berkebinekaan global, 3. Mandiri, 4. Bergotong-royong, 5. Bernalar kritis, 6. Kreatif. Kurangnya pemahaman guru dalam merancang strategi penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pembiasaan yang dilakukan guru dalam membentuk karakter peserta didik yang sesuai ciri Profil Pelajar Pancasila. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik di SMA Islam Al- Azhar 29 BSB Semarang. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan perolehan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Variabel penelitian ini meliputi: peran guru PAI, pembiasaan strategi guru yang dilakukan guru PAI, dan waka kurikulum. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi analisis wawancara, analisis observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil analisis data dengan melakukan pengecekan data dari dua narasumber yang berbeda dan analisis kesesuaian praktik di lapangan diperoleh kesimpulan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui strategi dengan baik. Strategi yang dilakukan mampu menumbuhkan karakter peserta didik yang religious dan berakhlak mulia sesuai ciri utama Profil Pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Penguatan; Profil Pelajar Pancasila; dan Guru PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:30
Last Modified: 30 Oct 2023 01:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22029

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics