Nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar pendidikan agama islam dan budi pekerti SMA/SMK kelas X tahun 2021

Asror, Nur Sikha Ulya (2023) Nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar pendidikan agama islam dan budi pekerti SMA/SMK kelas X tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016181_NUR_SIKHA_ULYA] Text (SKRIPSI_1903016181_NUR_SIKHA_ULYA)
1903016181_Nur Sikha Ulya. A_Lengkap Tugas Akhir - Nur Sikha Ulya Asror.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas X Terbitan kemendikbud Tahun 2021. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui nilai moderasi beragama serta eksplorasi nilai moderasi beragama dalam buku ajar dalam pembentukan kepribadian serta pengetahuan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yang penyajiannya bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian yang akan dilakuakan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Penelitian ini menghasilkan dua poin. Pertama, bahwa secara umum buku ajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SMA/SMK kelas X terbitan Kemendikbud tahun 2021 mengandung muatan nilai-nilai moderasi Beragama. Nilai-nilai moderasi yang dimaksudkan yaitu tawasuth, tawazun, itidal, tasamuh, musawah, syura, islah, aulawiyah, tathowur wa ibtikar, dan tahadhur. Kedua, penyajian nilai-nilai moderasi dalam buku ajar tersebut melalui materi, pesan tersurat maupun tersirat melalui materi maupun gambar ilustrasi, serta manfaat mempelajari moderasi dalam membentuk kepribadian peserta didik dalam berbangsa dan bernegara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan agama Islam di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai; Moderasi Beragama; Buku Ajar; PAI.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:38
Last Modified: 30 Oct 2023 02:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22033

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics