Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar PAI BP di SMK Negeri 2 Semarang

Zamzami, Alza Nabiel (2023) Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar PAI BP di SMK Negeri 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016187_ALZA_NABIEL_Z] Text (SKRIPSI_1903016187_ALZA_NABIEL_Z)
1903016187_Alza Nabiel Z_Full Skripsi - Dely Tresia putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar PAI BP di SMK Negeri 2 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan doumentasi. Desain penelitian ini menggunakan Non-equivalent Control Group Design, dengan treatment berbeda di dua kelas yaitu kelas ekperimen menggunakan model Problem Based Learning dan kelas kontrol menggunakan model konvensional.
Sebelum diberi perlakuan, dilakukan uji normalitas data dan uji homogenitas data melalui hasil pretest. Kemudian kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda. Setelah diberi perlakuan yang berbeda dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis. Dalam uji hipotesis peneleiti menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan perhitungan t_hitung 3,236 > t_tabel 1,677 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05, artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar posttest kelas eksperimen menggunakan problem-based learning dengan nilai rata-rata 75,36 dan posttest kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 67,04 dengan mean difference sebesar 8,320. Ini menunjukkan bahwa model Problem-based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI BP di SMKN 2 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Hasil Belajar; Problem Based Learning.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:05
Last Modified: 30 Oct 2023 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22038

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics