Model pengembangan ekonomi Pesantren di Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah Semarang

Nuza, Alfina Jihan (2023) Model pengembangan ekonomi Pesantren di Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1901046060_Alfina Jihan Nuza_Lengkap] Text (Skripsi_1901046060_Alfina Jihan Nuza_Lengkap)
Skripsi_1901046060_Alfina Jihan Nuza_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pesantren adalah lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai tempat untuk mendalami ilmu agama dan pusat penyebaran agama. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, pondok pesantren juga mengalami kemajuan. Saat ini pesantren tidak hanya terfokus pada lembaga pendidikannya saja, melainkan juga membangun usaha yang dapat membantu meningkatkan perekonomian pesantren. Pesantren diharapkan mampu meningkatkan taraf ekonomi, dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki. Bila potensi ini dioptimalkan, maka kemandirian ponpes dapat terwujud, sekaligus mampu membantu meningkatkan kesejahteraan wilayah sekitarnya.
Pesantren bisa lebih kuat apabila sudah memiliki dana mandiri, sehingga tidak mengandalkan dari SPP santri dan donatur. Pesantren setidaknya memiliki usaha yang profesional guna mendukung operasional pesantren dan kegiatan belajar mengajar. Pesantren juga dapat menjalankan fungsi pendidikan, keagamaan, dan pemberdayaan masyarakat secara memadai di lingkungan pesantren. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana model pengembangan ekonomi pesantren di Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah Semarang, (2) Bagaimana hasil pengembangan ekonomi di Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah Semarang.
Penelian ini bertjuan untuk mengetahui model pengembangan ekonomi pesantren di Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah dan mengetahui hasil pengembangan ekonomi pesantren di Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan dua hal sebagai berikut: Pertama, model pengembangan yang sesuai dengan pengembangan ekonomi pesantren di Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah adalah model pengembangan masyarakat lokal, dan pengembangan tersebut dilakukan melalui beberapa unit usaha yang dimiliki Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah. Kedua, hasil dari pengembangan ekonomi pesantren di Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah yaitu: (1) Kemandirian pondok pesantren (2) Pengembangan kewirausahaan santri (3) Kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan ekonomi; Ekonomi pondok pesantren; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:52
Last Modified: 30 Oct 2023 06:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22047

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics