Peningkatan kesadaran lingkungan melalui Ecobrick oleh komunitas Purwokeling Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang

Amanda, Miranda Dhea (2023) Peningkatan kesadaran lingkungan melalui Ecobrick oleh komunitas Purwokeling Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046036_MIRANDA_DHEA_AMANDA] Text (SKRIPSI_1901046036_MIRANDA_DHEA_AMANDA)
1901046036_MIRANDA_LENGKAP TUGAS AKHIR - Miranda Dhea Amanda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Miranda Dhea Amanda (1901046036) Peningkatan Kesadaran Lingkungan Melalui Ecobrick Oleh Komunitas Purwokeling Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.
Komunitas Purwokeling merupakan suatu komunitas yang bergerak pada bidang lingkungan yang berada di RW X Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang dengan memanfaatkan sampah plastik yang ada di wilayah Komunitas Purwokeling berada. Salah satu pemanfaatan sampah yaitu dengan kegiatan ecobrick. Tujuan dari adanya kegiatan ini untuk meminimalisir, memanfaatkan sampah plastik yang ada di wilayah Purwokeling agar peningkatan kesadaran warga RW X terhadap lingkungan terutama pada sampah plastik. Maka dari itu, peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses peningkatan kesadaran lingkungan melalui ecobrick oleh komunitas purwokeling (2) Bagaimana hasil dari adanya peningkatan kesadaran lingkungan melalui kegiatan ecobrick oleh komunitas purwokeling.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini , peneliti terlibat secara langsung dari proses awal sampai akhir untuk menggali sebuah data penelitian. Analisis data menggunakan teori Milles dan Hiberman, yang meliputi reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya: (1) proses peningkatan kesadaran lingkungan melalui ecobrick oleh Komunitas Purwokeling melalui pembinaan lingkungan, pelaksanaan dan pendampingan selama kegiatan, serta pemantauan pasca pelaksanaan kegiatan. (2) hasil dari peningkatan kesadaran lingkungan melalui kegiatan ecobrick dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peningkatan; Kesadaran Lingkungan; Ecobrick; Komunitas
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Dec 2023 08:18
Last Modified: 02 Dec 2023 08:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22048

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics