Pemberdayaan perempuan oleh IKABOGA Indonesia melalui pelatihan tata boga di Kelurahan Petarukan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang

Romadhon, Salsabila Hana (2023) Pemberdayaan perempuan oleh IKABOGA Indonesia melalui pelatihan tata boga di Kelurahan Petarukan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046037_SALSABILA_HANA_ROMADHON] Text (SKRIPSI_1901046037_SALSABILA_HANA_ROMADHON)
1901046037_Salsabila Hana Romadhon_Lengkap Tugas Akhir - Salsabila Hana 037(2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pemberdayaan Perempuan Oleh IKABOGA INDONESIA Melalui Pelatihan Tata Boga di Kelurahan Petarukan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana proses pemberdayaan perempuan oleh IKABOGA INDONESIA melalui pelatihan tata boga di Kelurahan Petarukan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, dan bagaimana hasil dari pemberdayaan perempuan perempuan oleh IKABOGA INDONESIA melalui pelatihan tata boga di Kelurahan Petarukan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Tujuan meliputi (1) untuk mengetahui proses pemberdayaan perempuan oleh IKABOGA INDONESIA melalui pelatihan tata boga, (2) mengetahui hasil dari kegiatan pemberdayaan perempuan oleh IKABOGA INDONESIA melalui pelatihan tata boga terhadap peningkatan pendidikan, sosial dan ekonomi keluarga. Penelitian dilakukan di IKABOGA INDONESIA DPC Kabupaten Pemalang dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah proses pemberdayan perempuan oleh IKABOGA INDONESIA melalui pelatihan tata boga. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan metode triangulasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Proses pemberdayaan perempuan oleh IKABOGA INDONESIA melalui pelatihan tata boga yaitu (1) pembentukan perilaku menuju sadar dengan cara mengembangkan kemampuan masyarakat dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan lebih lanjut dalam rangka memperbaiki taraf kehidupan. (2) pemberian keterampilan dan wirausaha yaitu pembuatan berbagai ragam olahan kue. Hasil penelitian dari kegiatan pemberdayaan perempuan oleh IKABOGA INDONESIA melalui pelatihan tata boga adalah (1) hasil secara pendidikan bahwa warga kini dapat memiliki keterampilan berupa keterampilan membuat aneka jenis kue dan cara menghiasnya agar dapat dijual belikan, (2) segi sosial bertambahnya pengalaman serta dapat berkumpul dengan teman-teman senasib dan dapat bertukar pikiran antara peserta pelatihan, dan (3) dari segi ekonomi yaitu dapat bertambahnya pendapatan bagi peserta pelatihan yang mau mengembangkan hasil pelatihan dengan membuka usaha sendiri, namun juga masih banyak yang tidak mau mengembangkan usahanya karena tidak memiliki modal usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan; Pelatihan Tata Boga;
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups > 305.4 Women
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Dec 2023 08:27
Last Modified: 02 Dec 2023 08:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22049

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics