Deskripsi pelaksanaan pembelajaran biologi pokok bahasan sistem ekskresi kelas XI MA Tarbiyatul Mubtadiin Demak tahun ajaran 2010/2011
Mahrus, Arif (2011) Deskripsi pelaksanaan pembelajaran biologi pokok bahasan sistem ekskresi kelas XI MA Tarbiyatul Mubtadiin Demak tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63811038_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (555kB) | Preview
63811038_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (33kB) | Preview
63811038_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (349kB) | Preview
63811038_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
63811038_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (118kB) | Preview
63811038_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (6kB) | Preview
63811038_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran di kelas sangat menentukan berhasil tidaknya tujuan pembelajaran dicapai. Sebelum melaksanakan pembelajaran perlu adanya penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan sesudah pelaksanaan pembelajaran ada penilaian hasil pembelajaran serta evalusai secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran yang telah berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran biologi di MA Tarbiyatul Mubtadiin pada pokok bahasan sistem ekskresi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber penelitian dalam penelititan ini adalah guru biologi kelas XI di MA Tarbiyatul Mubtadiin beserta siswa yang diajar sejumlah 39 anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, dokumen, dan observasi.
Berdasarkan analisa secara deskriptif terhadap data yang telah diperoleh peneliti ternyata pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru masih belum sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun oleh guru tersebut. Walaupun demikian guru telah berusaha sebaik mungkin untuk melaksanakan apa yang sudah direncanakan.
Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran biologi pokok bahasan sistem eksksresi yang dilakukan oleh guru belum sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran dan standar proses. Alternatif cara agar guru lebih optimal dalam pelaksanaan pembelajaran adalah guru menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariasi, guru memanfaatkan alat dan media yang ada di lingkungan sekolah, guru menciptakan sendiri buku pegangan bagi siswa disesuaikan dengan kurikulum sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran; Biologi; Sistem Ekskresi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20] |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 13 Jun 2014 08:51 |
Last Modified: | 22 May 2021 07:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2205 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year