Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Makmur dalam konservasi lingkungan dampak industrialisasi di Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

Rohmah, Isvy Tsalisatur (2023) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Makmur dalam konservasi lingkungan dampak industrialisasi di Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046046_ISVY_TSALISATUR_ROHMAH] Text (SKRIPSI_1901046046_ISVY_TSALISATUR_ROHMAH)
1901046046_Isvy Tsalisatur R_Full skripsi - isvy tsalisatur Rohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Isvy Tsalisatur Rohmah (1901046046). Penelitian ini berjudul Peran BUMDes Sumber Makmur Dalam Konservasi Lingkungan Dampak Industrialisasi di Desa Kemantren kecamatan Paciran Kabupaten lamongan.
Desa Kemantren adalah salah satu desa bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kabupaten Lamongan sehingga pembangunan industri maritim dipilih menjadi solusi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Beberapa industri besar yang ada di Desa Kemantren diantaranya adalah PT. Lamongan Shorebase, PT. Dok Pantura Lamongan, PT. LMI, dan PT. Jayabrix Indonesia. Pembangunan industrialisasi di Desa Kemantren tentunya punya dampak positif dan negatif. Namun dalam penelitian ini yang dibahas adalah dampak negatif terhadap lingkungan alam. Peran BUMDes Sumber Makmur sebagai badan usaha milik Desa Kemantren dalam program konservasi lingkungan berperan sebagai peran pengembang masyarakat dalam pelaksanaannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja dampak industrialiasi terhadap lingkungan alam dan Bagaimana peran BUMDes Sumber Makmur dalam konservasi lingkungan dampak industrialisasi di Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan tektik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dampak yang timbul akibat industrialisasi diantaranya adalah adanya eksploitasi gunung kapur, timbulnya dampak dari adanya reklamasi pantai, hilangnya eksistensi situs-situs bersejarah peninggalan Syeikh Maulana Ishaq dan adanya pencemaran terhadap lingkungan alam. Sedangkan peran BUMDes dalam konservasi lingkungan adalah peran sebagai pengembang masyarakat dengan melaksanakan perannya sebagai fasilitator, mengorganisasi dan peran Pendidikan melalui program inovasi desa membangun diskusi seputar industri, penanaman 1000 bibit buah di gunung bekas penambangan galian kapur, program mengolah sampah menjadi PAD, program kelompok ternak terpadu, dan penanaman mangrove di tepi pantai Desa Kemantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran BUMDes; Dampak Industrialisasi: Konservasi Lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Dec 2023 07:28
Last Modified: 16 Dec 2023 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22055

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics