Pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Margo Makmur Desa Margorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban

Annisa, Nurul Ismi (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Margo Makmur Desa Margorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046048_NURUL_ISMI_ANNISA] Text (SKRIPSI_1901046048_NURUL_ISMI_ANNISA)
1901046048_Nurul ismi annisa_lengkap tugas akh - Nurul Ismi Annisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nurul Ismi Annisa (1901046048), Pemberdayaan Masyarakat melalui pelestarian Batik Gedog Oleh BUMDes Margo Makmur Desa Margorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban.
Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya yang disengaja untuk memfasilitasi masyarakat lokal untuk mengelola sumber daya alam yang dimiliki sehingga berkembang kemandirian dalam segi ekonomi, ekologi. Terkait dengan pemberdayaan, keberhasilannya dapat dilihat dari keberdayaan mereka yang menyangkut kemampuan ekonomi, kemampuan mengakses manfaat kesejahteraan. Pemberdayaan merupakan implikasi dari strategi pembangunan yang berbasis pada masyarakat (people centered development) pembangunan selalu merujuk pada upaya perbaikan, terutama perbaikan pada mutu hidup manusia, baik secara fisik, mental, ekonomi maupun sosial budaya. Pemberdayaan yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Margorejo bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Desa Margorejo. Beberapa dari program pemberdayaan adalah pelatihan untuk masyarakat, dan pameran yang diselenggarakan oleh BUMDes. Tujuan utama pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah membantu para pengrajin batik gedog agar mampu bersaing di pasar serta mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan potensi lokal. Oleh karena itu penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes Margo Makmur Desa Margorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. (2) Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes Margo Makmur Desa Margorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun tehnik pengumpulan data melalui obseervasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti terlibat langsung dalam pengambilan data.
Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa: (1) proses pemberdayaan masyarakat melalui Margo Makmur melalui beberapa tahap yaitu tahap seleksi lokasi, tahap sosialisasi, tahap implementasi kegiatan, dan tahap evaluasi. (2) pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Margo Makmur menghasilkan beberapa hal yaitu (1) Penjualan online (2) Desa Margorejo menjadi lebih ramai (3) kerjasama dengan komunitas-komunitas dengan adanya pelatihan dan pameran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; BUMDes Margo Makmur; Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Dec 2023 07:43
Last Modified: 16 Dec 2023 07:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22056

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics