Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan bandeng oleh Kelompok Tani Tambak Grinting Jaya di Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes

Susilawati, Erni (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan bandeng oleh Kelompok Tani Tambak Grinting Jaya di Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046059_ERNI_SUSILAWATI] Text (SKRIPSI_1901046059_ERNI_SUSILAWATI)
1901046059_Erni Susilawati_Full Skripsi - erni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Erni Susilawati (1901046059), Penelitian ini berjudul Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Ikan Bandeng oleh Kelompok Tani Tambak Grinting Jaya di Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes.
Produksi usaha perikanan tambak di Desa Grinting didominasi oleh produksi bandeng. Mayoritas masyarakat melaksanakan kegiatan usaha budidaya ikan bandeng secara tradisional. Hal tersebut disebabkan salah satunya adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengelolaan budidaya ikan bandeng. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut. Kegiatan pemberdayaan menjadi salah satu altenatif upaya dalam memberikan kesadaran dan meningkatkan taraf hidup dalam masyarakat. Salah satu kelompok yang melaksanakan pemberdayaan adalah kelompok tani tambak Grinting Jaya. Pemberdayaan yang dilakukan bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya pembudidaya ikan di Desa Grinting untuk meningkatkan ekonomi lemah dengan kegiatan-kegiatan dalam budidaya ikan bandeng. Adanya kegiatan pemberdayaan yang dilakukan kelompok ternyata berdampak cukup besar dengan adanya peningkatan-peningkatan yang dirasakan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan bandeng yang dilakukan oleh kelompok tani tambak Grinting Jaya di Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) Proses pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan bandeng oleh kelompok tani tambak Grinting Jaya di Desa Grinting melalui: sosialisasi perencanaan pembentukan kelompok, sosialisasi budidaya ikan bandeng serta kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam pengelolaan budidaya ikan bandeng. 2) Hasil pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan bandeng oleh kelompok tani tambak Grinting Jaya di Desa Grinting menunjukkan hasil yang baik, hal ini dapat dilihat dari peningkatan pendapatan masyarakat, peningkatan sistem produksi, peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta semakin meningkatnya solidaritas masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Budidaya Ikan Bandeng; Kelompok Tani Tambak Grinting Jaya
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:56
Last Modified: 18 Dec 2023 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22063

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics