Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan brand trust terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA : studi kasus mahasiswa FEBI UIN Walisongo angkatan 2019 - 2021

Istiqomah, Siti (2023) Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan brand trust terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA : studi kasus mahasiswa FEBI UIN Walisongo angkatan 2019 - 2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056064_SITI_ISTIQOMAH] Text (SKRIPSI_1905056064_SITI_ISTIQOMAH)
1905056064_Siti_Istiqomah_Full Skripsi - Siti Istiqomah 064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

DANA merupakan salah satu pioner e-wallet dengan basis open platform. Meskipun telah memiliki banyak fasilitas dan fitur unggulan, namun menurut pra-riset yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa e-wallet DANA masih belum mampu menyalip eksistensi Shopeepay sebagai e-wallet yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Hal ini menjelaskan bahwa terjadi ke tidak selarasan antara kondisi ideal dan realita yang terjadi pada keputusan penggunaan e-wallet. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh digital marketing, word of mouth, dan brand trust terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2021. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif dengan pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2021 yang pernah melakukan transaksi keuangan menggunakan e-wallet DANA. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purpose sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 responden yang dihasilkan dari rumus Slovin. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data, variabel digital marketing (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan penggunaan dengan hasil thitung 0,338 lebih kecil dari ttabel 1,986 dan nilai signifikanasi 0,739 lebih besar dari 0,05. Variabel word of mouth (X1) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan penggunaan (Y) dengan nilai thitung 3,802 lebih besar dari ttabel 1,986 dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dan variabel brand trust (X3) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan penggunaan dengan nilai thitung 3,603 lebih besar dari nilai ttabel 1,986 dan nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing; Word of Mouth; Brand Trust, Keputusan Penggunaan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:33
Last Modified: 18 Dec 2023 08:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22068

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics