Pengaruh e-service quality, promosi, dan e-trust terhadap keputusan pembelian menggunakan layanan Shopee Food : studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019-2021

Hidayah, Maulida Nurul (2023) Pengaruh e-service quality, promosi, dan e-trust terhadap keputusan pembelian menggunakan layanan Shopee Food : studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019-2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056046_MAULIDA_NURUL_HIDAYAH] Text (SKRIPSI_1905056046_MAULIDA_NURUL_HIDAYAH)
1905056046_Maulida Nurul Hidayah_Full Skripsi - Maulidaa Nurul.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sebuah bisnis berupa produk atau jasa yang baru, pada dasarnya akan sulit untuk bersaing dengan bisnis lain yang sudah lebih dahulu dan berkembang. Shopee Food merupakan layanan pesan antar makanan yang baru dibandingkan dengan layanan lainnya seperti Grab Food dan Go Food. Namun berdasarkan hasil pra riset yang dilakukan oleh 30 responden Mahasiswa UIN Walisongo Semarang menyatakan bahwa sebagian besar yaitu 19 responden memilih Shopee Food sebagai layanan yang sering digunakan dalam melakukan keputusan pembelian, namun sebagian besar responden merasa belum puas dengan layanan yang diberikan oleh Shopee Food tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh e-service quality, promosi, dan e-trust terhadap keputusan pembelian menggunakan layanan Shopee Food. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2021 yang pernah melakukan keputusan pembelian menggunakan layanan Shopee Food. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purpose sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel e-service quality (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan layanan Shopee Food. Kemudian variabel promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan layanan Shopee Food. Dan variabel e-trust (X3) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan layanan Shopee Food

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-service Quality; Promosi dan E-trust terhadap Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 06 Jan 2024 06:01
Last Modified: 06 Jan 2024 06:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22074

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics