Pengaruh electronic word of mouth dan user interface terhadap minat beli produk di E-commerce Tokopedia bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo

Anwar, Saiful (2023) Pengaruh electronic word of mouth dan user interface terhadap minat beli produk di E-commerce Tokopedia bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056041_SAIFUL_ANWAR] Text (SKRIPSI_1905056041_SAIFUL_ANWAR)
1905056041_Saiful Anwar_Lengkap Tugas Akhir - Saiful Anwar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Persaingan e-commerce di Indonesia sangatlah sengit. Berdasarkan jumlah konsumen yang besar membuat perusahaan e-commerce dalam negeri maupun luar negeri bersaing dalam memikat para calon konsumen. Objek penelitian ini adalah Tokopedia dengan alasan pemilihan objek tersebut dikarenakan tokopedia pada tahun 2022 belum mampu menduduki peringkat pertama dalam Gross Merchandise Value (GMV). Hal lain yang melatarbelakangi penelitian ini, peneliti menemukan inkonsistensi antara pengaruh electronic word of mouth dan user interface terhadap minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara electronic word of mouth dan user interface terhadap minat beli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo pengguna e-commerce Tokopedia dengan menggunakan teknik sampel yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak seratus responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth dan user interface berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli yang berarti apabila electronic word of mouth ditingkatkan, maka minat beli konsumen akan meningkat serta apabila user interface ditingkatkan, maka minat beli konsumen akan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth; User Interface; Minat Beli; Tokopedia
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 06 Jan 2024 06:05
Last Modified: 06 Jan 2024 06:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22076

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics