Strategi pemasaran dan inovasi produk kreatif dalam meningkatkan volume penjualan : studi kasus pada UMKM Es Coklat Panjang Umur Kota Semarang

Rahman, Aulia (2023) Strategi pemasaran dan inovasi produk kreatif dalam meningkatkan volume penjualan : studi kasus pada UMKM Es Coklat Panjang Umur Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056019_AULIA_RAHMAN] Text (SKRIPSI_1905056019_AULIA_RAHMAN)
1905056019_AULIA RAHMAN_Full Skripsi - Aulia Rahman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini di latar belakangi oleh banyaknya pengusaha yang urung dalam menjalankan bisnisnya dan pegusaha yang sudah menjalankan bisnisnya namun di kelilingi persaingan. Salah satu upayanya dengan menerapkan strategi pemasaran. Alasan penulis tertarik untuk melakukan penelitian karena UMKM ini termasuk unggulan di kota Semarang yang memiliki strategi pemasaran dan inovasi produk kreatif dalam meningkatkan volume penjualan. Fokus dalam penelitian yang dapat dikaji adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dan untuk mengetahui inovasi produk kreatif yang dilakukan UMKM Es coklat panjang umur Semarang dalam meningkatkan volume penjualan. Yang nantinya akan di analisa menggunakan metode kualitatif, karna penelitian ini nantinya akan mengungkapkan fakta yang sudah ada sebelumnya. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari founder dan karyawan UMKM. Data sekunder yang digunakan berupa laporan hasil penjualan,serta buku-buku referensi yang telah ada. Metode pengumpulan data berupa wawancara,dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan yakni 4P bauran pemasaran dan STP yang terdiri dari segmentasi,targetting dan positioning sesuai dengan teori dan konsep pemasaran, strategi inovasi produk kreatif yang diterapkan meliputi pengembangan produk, melakukan pilihan packaging yang tepat, menciptakan konsep rasa yang berbeda dengan kompetitor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Stategi pemasaran; Inovasi produk; Volume penjualan; UMKM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:28
Last Modified: 29 Jan 2024 01:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22088

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics