Pengaruh faktor sosial dan Costumer Relationship Management (CRM) terhadap keputusan penggunaan ulang aplikasi Dompet Digital DANA : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tahun 2019-2022
Zahro, Fatimatul (2023) Pengaruh faktor sosial dan Costumer Relationship Management (CRM) terhadap keputusan penggunaan ulang aplikasi Dompet Digital DANA : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tahun 2019-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1905056015_FATIMATUL ZAHRO_LENGKAP TUGAS AKHIR - zahra fatimatul(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh faktor sosial, costumer relationship dan management (CRM) terhadap keputusan penggunaan ulang aplikasi dompet digital DANA. Penelitian ini dilakukan karena banyaknya mahasiswa yang menggunakan financial technology (fintech) khususnya dompet digital. Dari hal tersebut penulis menemukan fakta bahwasanya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN WALISONGO Semarang angkatan 2019-2022 mengajukan kritik, saran dan keluhan terhadap layanan dompet digital yang mereka gunakan. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sebesapa besar pengaruh faktor sosial, dan costumer relationship management (CRM) terhadap keputusan penggunaan ulang aplikasi dompet digital DANA.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dilakukan di fakultas ekonomi dan bisnis islam UIN Walisongo Semarang, sumber data primer dalam penelitian ini ialah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2019-2022 UIN Walisongo Semarang. Sedangkan data sekunder diperoleh berbagai literatur yang relevan dengan pembahasan penelitian. Pengumpulan data diperoleh menggunakan metode observasi dan menggunakan analisis data deskriptif. Kemudian peneliti menggunakan aplikasi SPSS 25 untuk membantu peneliti mempermudah mengolah data-data yang ditemukan baik itu di lapangan ataupun dari berbagai literatur yang relevan. Tempat peneliti mengumpulkan data-data yaitu di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN WALISONGO SEMARANG.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hasil dari permasalahan tersebut yaitu variabel yang sudah peneliti gunakan ialah faktor sosial (X1), dan costumer Relationship Management CRM (X2) terhadap keputusan penggunaan ulang aplikasi dompet digital DANA (Y) memiliki hasil yang sehubungan, searah, positif, signifikan, dan juga secara simultan berpengaruh terhadap variabel (Y). skripsi ini perlu adanya penelitian lanjutan dengan mengakomodasikan sampel yang lebih besar dan melibatkan informan yang lebih luas mewakili untuk dimungkinkannya suatu analisis komparatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor sosial; Costumer relationship management CRM; Handling complaint; Keputusan pemakaian; Dompet digital; E-Money |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen |
Depositing User: | Wati Rimayanti |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 01:29 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 01:29 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22089 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year