Pengaruh profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang tergabung dalam Index LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021

Darojah, Zackyah (2023) Pengaruh profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang tergabung dalam Index LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056012_ZACKYAH_DAROJAH] Text (SKRIPSI_1905056012_ZACKYAH_DAROJAH)
1905056012_Zackyah Darojah_Lengkap Tugas Akhir - 012_ Zackyah Darojah.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Perusahaan dengan kinerja yang baik akan menarik minat calon investor untuk menanamkan modalnya di perusahaan, sehingga permintaan saham akan meningkat dan nilai perusahaan juga meningkat. Maka nilai perusahaan diartikan sebagai penilaian pasar (investor) terhadap perusahaan. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi penilaian pasar (investor) terhadap suatu perusahaan. Di dalam penelitian ini membatasi faktor-faktor tersebut menjadi dua faktor saja, profitabilitas dan kebijakan dividen. Semakin tinggi profitabilitas yang dihasilkan perusahaan makan semakin tinggi nilai perusahaan. Dan semakin tinggi kebijakan dividen yang dibagikan, maka semakin tinggi pula nilai perusahaan. Namun, yang terjadi pada beberapa perusahaan yang mengalami peningkatan profitabilitas tetapi nilai perusahaan justru mengalami penurunan, begitupun sebaliknya yang terjadi pada beberapa perusahaan didalam penelitian. Maka terjadi fenomena gap antara yang seharusnya dan yang terjadi. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas dalam penelitian ini diproksikan dengan rasio ROE (Return On Equity) dan kebijakan dividen menggunakan rasio DPR (Dividen Payout Ratio).
Populasi penelitian ini adalah 26 perusahaan yang tergabung dalam index LQ45 di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2021. Metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Maka didapat jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan yang tergabung dalam index LQ45. Penelitian ini menggunkana data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang didapat dari website Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id dan website perusahaan terkait. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,111.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Kebijakan dividen; Nilai perusahaan; Index LQ45; Bursa Efek Indonesia
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:39
Last Modified: 29 Jan 2024 01:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22091

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics