Pengaruh gaya hidup, religiusitas dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee : studi kasus pada mahasiswa UIN Walisongo tahun angkatan 2019

Rostika, Rostika (2023) Pengaruh gaya hidup, religiusitas dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee : studi kasus pada mahasiswa UIN Walisongo tahun angkatan 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056008_ROSTIKA] Text (SKRIPSI_1905056008_ROSTIKA)
1905056008_Rostika_Full_Skripsi - Rostika(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Maraknya fenomena belanja online dikalangan masyarakat tak terkecuali mahasiswa membuat para pengguna shopee kurang realistis dalam mengambil keputusan berbelanja. Kemudahan belanja yang dapat dilakukan kapan dan dimana saja membuat pengguna shopee semakin tertarik dan memenuhi keinginannya dengan belanja online dan hal tersebut menjadi berkembang menjadi rasa candu. Banyaknya penawaran diskon dan gratis ongkir semakin membuat pengguna shopee tertarik sehingga membuat mereka belanja berlebihan. Perilaku konsumtif yang dalam Islam dikenal sebagai israf yaitu berlebihan bukanlah hal yang dianjurkan, dan seorang muslim harus menghindari sikap berlebihan atau boros agar terhindar dari perilaku konsumtif.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dalam variabel gaya hidup, religiusitas, dan kontrol diri terdapat pengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna shopee tahun angkatan 2019 di UIN Walisongo Semarang. Dan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dianalisis dengan analisis regresi linier berganda, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket serta teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling sebanyak 98 sampel yang merupakan mahasiswa pengguna shopee tahun angkatan 2019 di UIN Walisongo Semarang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Dan untuk variabel religiusitas dan variabel kontrol diri memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumtif; Gaya hidup; Religiusitas; Kontrol diri; Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:41
Last Modified: 29 Jan 2024 01:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22095

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics