Pengaruh e-service quality, kepercayaan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Tokopedia di Kabupaten Bekasi tahun 2022

Andianto, Sindya Rahmadani (2023) Pengaruh e-service quality, kepercayaan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Tokopedia di Kabupaten Bekasi tahun 2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056007_SINDYA_RAHMADANI_ANDIANTO] Text (SKRIPSI_1905056007_SINDYA_RAHMADANI_ANDIANTO)
1905056007_Sindya Rahmadani A_Lengkap Tugas Akhir - Robi ilman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat memiliki pengaruh pada bidang ekonomi dalam dunia bisnis dengan sebutan nama modern saat ini yaitu marketplace sebagai pihak perantara antara penjual dan pembeli yang menyediakan kategori pilihan produk dari beberapa penjual dalam bentuk transaksi online. Kemajuan teknologi memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan diantaranya adalah berbelanja online. Dalam berbelanja, beberapa konsumen dalam melakukan keputusan pembelian akan mempertimbangakn berbagai aspek yang mempengaruhi kegiatan berbelanja, demikian juga saat kegiatan berbelanja online. Hal ini mendukung dalam kemajuan e-commerce yang memberi kemudahan dan kelebihan dari berbagai aspek agar konsumen semakin tertarik dalam menggunakan fasilitas layanannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-service quality, kepercayaan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Tokopdia di Kabupaten Bekasi tahun 2022. Sampelnya adalah masyarakat yang berdomisili di kabupaten Bekasi dan pernah bertransaksi di Tokopedia berjumlah 100 responden. Data primer didapat dari jawaban hasil kuesioner responden yang disebarkan secara online melalui google form, dan teknik analisis data menggunakan Regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan variabel e-service quality berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. Variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,031 < 0,05. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,701 yang aryinya sebesar 70% keputusan pembelian konsumen dijelaskan oleh variabel e-service quality, kepercayaan dan promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-Service quality; Kepercayaan; Keputusan pembelian; Marketplace
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:58
Last Modified: 29 Jan 2024 01:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22096

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics