Pemikiran Ibnu Khaldun tentang kompetensi guru

Kholdun, Ibnu (2023) Pemikiran Ibnu Khaldun tentang kompetensi guru. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016191_IBNU_KHOLDUN] Text (SKRIPSI_1903016191_IBNU_KHOLDUN)
1903016191_Ibnu Kholdun_Full Skripsi - Ibnu Kholdun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Guru akan berhasil dalam mendidik ketika mampu menguasai beberapa unsur dasar yang melekat pada dirinya. Keberadaan guru menjadi sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang dinamis di lingkungan sosial. Guru harus menjadi sumber inspirasi bagi peserta didik dan masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai positif. Era industri 4.0 mengubah pola yang berlaku pada setiap aspek kehidupan, tidak terkecuali pendidikan. Kemajuan teknologi mengubah cara berpikir dan sistem yang sedari dulu berlaku, dan akan bermanfaat ketika dioptimalkan secara proporsional. Guru agama Islam memerlukan skill yang dapat mengintegrasikan kecanggihan yang ada agar tujuan dari pendidikan tetap tercapai, dengan mempertimbangkan kepribadiannya sebagai sumber yang tidak akan pernah bisa tergantikan oleh teknologi.
Pemikiran Ibnu Khaldun tentang guru inspiratif dan relevansinya dengan era industri 4.0 ini dikaji melalui metode studi dokumentasi yang dibatasi pada kitab Muqaddimah sebagai sumber data primer. Analisa terhadap data dilakukan dengan cara menarik kesimpulan terkait tema pembahasan secara objektif untuk mengetahui makna yang tesirat dari pemikirannya tersebut. Guru inspiratif di era industri 4.0 berdasarkan pemikiran Ibnu Khaldun adalah pendidik dengan jiwa kewirausahawan yang mampu menopang kebutuhan hidup, memiliki kreatifitas dalam mengajar dengan metode yang khas, menciptakan kondisi masyarakat dinamis, serta merawat nilai-nilai luhur yang dimiliki. Keberhasilan guru tersebut dibangun atas akhlak dan kepribadian mulia, penguasaan keterampilan pedagogik baik teoretis maupun praktis, dan kesadaran sosial yang tinggi, berupa kemampuan komunikasi secara interaktif, dan memahami peran yang harus dijalani di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Ibnu Khaldun; Kompetensi Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:24
Last Modified: 02 Nov 2023 03:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22097

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics