Pengaruh harga dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen di Tiktok Shop : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2019 – 2022 UIN Walisongo Semarang

Fathimah, Dwi (2023) Pengaruh harga dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen di Tiktok Shop : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2019 – 2022 UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056006_DWI_FATHIMAH] Text (SKRIPSI_1905056006_DWI_FATHIMAH)
1905056006_Dwi Fathimah_Full Skripsi - Dwi Fathimah UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju menyebabkan perubahan gaya hidup masyarakat menjadi lebih praktis. Dari beberapa e-commerce yang menerapkan C2C (Customer to Customer), Aplikasi TikTok mengembangkan fitur terbarunya yaitu TikTok Shop. TikTok sendiri merupakan aplikasi media sosial video musik yang dirilis oleh Zhang Yiming dari Tiongkok pada tahun 2016. Awalnya, TikTok hanya digunakan sebagai media mengekspresikan diri maupun konten promosi melalui video yang dibuat, tetapi seiring perkembangan waktu aplikasi tersebut mengembangkan fiturnya dengan menciptakan TikTok Shop pada April 2021 sehingga saat ini aplikasi TikTok dapat digunakan untuk transaksi jual beli , mulai dari foto produk, layanan chat dengan penjual, sampai proses pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi langsung.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah harga dan kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap minat beli. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2019 - 2022 UIN Walisongo Semarang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan sampel 96 orang responden pengguna TikTok Shop pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2019 - 2022 UIN Walisongo Semarang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS versi 23.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel harga dan variabel kepercayaan konsumen secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pengguna TikTok Shop pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2019 - 2022 UIN Walisongo Semarang. Berdasarkan hasil koefisien determinasi diperoleh presentase sebesar 30,7%. Hal ini menunjukan bahwa 30,7% minat beli di TikTok Shop pada Mahasiwa Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2019 - 2022 UIN Walisongo Semarang dipengaruhi oleh harga dan kepercayaan konsumen, sedangkan 69,3% minat beli di TikTok Shop pada Mahasiwa Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2019 - 2022 UIN Walisongo Semarang dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Harga; Kepercayaan konsumen; Minat beli; Mahasiswa
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:42
Last Modified: 29 Jan 2024 01:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22098

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics