Kenyamanan psikologis dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada guru PAI sekolah dasar di Kabupaten Pati

Putri, Alfi Rahmania (2022) Kenyamanan psikologis dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada guru PAI sekolah dasar di Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2103018006_ALFI_RAHMANIA_PUTRI] Text (SKRIPSI_2103018006_ALFI_RAHMANIA_PUTRI)
2103018006_Alfi Rahmania Putri_Lengkap Tugas Akhir - Alfi Rahmania Putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kenyamanan psikologis guru PAI dalam pelaksanaan KMB (Kurikulum Merdeka Belajar) dan implikasinya terhadap keberhasilan pelaksanaan KMB di Sekolah Dasar Kabupaten Pati. Penelitian mixed methods ini dilakukan dengan desain explanatory sequential (berurutan), dalam mengambil data penelitian ini bersandar pada data kuesioner yang melibatkan 85 responden dan wawancara melibatkan 6 informan, masing-masing 2 informan untuk kategori kenyamanan psikologis tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian ini menyebutkan kenyamanan psikologis Guru PAI berada pada kategori sedang dan dari masing-masing kategori menunjukkan perbedaan implikasi yang signifikan dalam keberhasilan pelaksanaan KMB. Guru pada kategori tinggi, menunjukkan kemampuan memahami dengan baik komponen-komponen substansial Kurikulum Merdeka secara konseptual maupun prosedural, bersikap terbuka, mampu beradaptasi, serta mampu mengembangkan potensi yang dimiliki sehubungan dengan kebijakan-kebijakan baru pada KMB. Guru pada kategori sedang, menunjukkan kemampuan memahami komponen KMB cukup baik secara konseptual maupun prosedural, serta mampu memberikan gagasan atau ide pada beberapa komponen KMB sebagai solusi untuk menghadapi kendala saat melaksanakan KMB di sekolah, dan guru pada kategori rendah menunjukkan respon yang cenderung pasif, belum mampu memahami dan beradaptasi dengan KMB dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kenyamanan psikologis; Kurikulum Merdeka Belajar; Guru PAI; dan Sekolah Dasar.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:45
Last Modified: 02 Nov 2023 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22100

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics