Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Pati
Pratiwi, Tri Ayuni (2023) Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1903016031_Tri Ayuni Pratiwi_Lengkap Tugas Akhir - Tri Ayuni Pratiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, memberi pengaruh perubahan dalam kehidupan. Hal ini terbukti dengan munculnya perangkat telekomunikasi yang dilengkapi dengan teknologi canggih seperti gadget. Penggunaan gadget kini sudah menjadi trend dalam dunia pendidikan, tidak hanya sebagai media komunikasi, melainkan juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena segala informasi dapat diakses melalui gadget. Namun, intensitas penggunaan gadget siswa harus disertai dengan adanya kontrol dan pengawasan dari orangtua, guru, serta orang-orang sekitarnya. Karena penggunaan gadget yang berlebihan dan tidak tepat dapat mempengaruhi waktu belajar siswa sehingga berdampak pada motivasi belajarnya.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana intensitas penggunaan gadget siswa kelas VIII di MTs Roudlotusyyubban Tawangrejo Pati? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Roudlotusyyubban Tawangrejo Pati? 3) Adakah pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Roudlotusyyubban Tawangrejo Pati?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 62 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel intensitas penggunaan gadget siswa (X) termasuk dalam kategori sedang, yaitu 37 pada interval 35 – 39. Sedangkan motivasi belajar siswa (Y) termasuk dalam kategori cukup, yaitu 65 pada interval 60 – 69. Kemudian diperoleh persamaan regresi Y’ = 43,706+0,569X yang berarti memiliki pengaruh positif signifikan. Nilai signifikansi 0,010
< 0,05 dan nilai t hitung 2,675 > t tabel 2,000 atau nilai signifikansi > 0,05 dan nilai t hitung > t tabel. Artinya, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intensitas penggunaan gadget terhadap motivasi belajar fiqih siswa kelas VIII MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Pati dengan persentase pengaruhnya sebesar 10,7% kemudian sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas penggunaan gadget; Mata Pelajaran Fiqih; Motivasi Belajar. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 04 Nov 2023 02:32 |
Last Modified: | 04 Nov 2023 02:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22134 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year