Pasar klithikan sebagai pemenuhan ekspresi komoditas anak muda : studi jual-beli thrifting

Najib, Tatang Maimun (2023) Pasar klithikan sebagai pemenuhan ekspresi komoditas anak muda : studi jual-beli thrifting. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026039_Tatang_Maimun_Najib] Text (Skripsi_1906026039_Tatang_Maimun_Najib)
1906026039_Tatang Maimun Najib_Lengkap Tugas Akhir - Tatang Maimun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pasar Klithikan Notoharjo Solo sebagai pemenuhan ekspresi komoditas anak muda telah membantu anak muda dalam memberikann kebutuhan tersebut. Pemenuhan ekspresi dalam bentuk penggunaan pakaian bekas hingga saat ini sangat banyak sekali digemari oleh anak muda. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tarik apa yang ada di pasar Klithikan Notoharjo Solo, serta pakaian bekas apa yang diperjual belikan, dan kenapa pedagang melakukan jual-beli pakaian bekas.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan pendekatan naratif deskriptif dengan tujuan menggambarkan fenomena yang ada di masyarakat dan menganalisis fakta yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi non partisipasi, wawancara mendalam dengan depalan informan dan dokumentasi. Setelah data didapatkan kemudian dilakukan analisis dengan melalui beberapa tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian telah mampu menjawab bahwasannya pasar Klithikan Notoharjo Solo memliki sebuah daya tarik bagi para pembeli dengan banyaknya jenis pakaian bekas yang diperjual-belikan mulai dari merek atau jenisnya. Selain itu barang yang dijual relative up to date terhadap perkembangan zaman, serta cara penyajian yang ditampilkan juga menjadi daya tarik tersendiri. Barang-barang bekas yang diperjual-belikan di pasar Klithikan Notoharjo Solo juga sangat menarik karena barang yang dijual bukan hanya pakaian bekas, akan tetapi juga barang-barang bekas yang lainnya seperti onderdil motor bekas, onderdil mobil bekas, peralatan rumah tangga bekas, dan barang bekas lainnya. Budaya berjualan pada pagi hari juga menjadi salah satu pemicu terkenalnya pasar Klithikan Notoharjo Solo, pemberitaan yang dilakukan oleh media tentang pasar Klithikan Notoharjo juga turut membantu penyebaran informasi terkait pasar Klithikan Notoharjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pakaian bekas; Pasar Klithikan; Notoharjo Solo; anak muda; komoditas
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 04 Nov 2023 02:52
Last Modified: 04 Nov 2023 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22135

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics