Transformasi lahan pertanian untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi : studi perubahan lahan karet menjadi perkebunan kelapa sawit di Desa Sungai Bulian, Kecamatan Tabir Timur, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi

Wulandari, Yunita (2023) Transformasi lahan pertanian untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi : studi perubahan lahan karet menjadi perkebunan kelapa sawit di Desa Sungai Bulian, Kecamatan Tabir Timur, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026042_Yunita_Wulandari] Text (Skripsi_1906026042_Yunita_Wulandari)
1906026042 (Yunita Wulandari ) Lengkap Tugas Akhir - yunita Wulandari(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Transformasi lahan merupakan suatu proses perubahan penggunaan lahan dari bentuk pengunaan tertentu menjadi penggunaan lain. Transformasi lahan pertanian karet menjadi perkebunan kelapa sawit banyak dilakukan masyarakat Desa Sungai Bulian untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses transformasi lahan karet menjadi perkebunan kelapa sawit dan implikasi dari perubahan tersebut. Kegiatan transformasi lahan dilakukan sejak tahun 2017 sampai 2023, dimana masyarakat melakukan tranformasi lahan dengan berbagai cara yaitu dengan melakukan tranformasi keseluruhan atau melakukan secara bertahap.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun data dalam penelitian ini yakni data primer dan sekunder. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam prosesnya, peneliti melakukan wawancara mendalam dengan masyarakat yang melakukan transformasi lahan, kepada buruh tani yang membantu, dan kepala desa. Sementara itu, data dalam penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian peneliti menggunakan teori pilihan rasional James S. Coleman yang membahas tentang aktor dan sumber daya sebagaimana yang terdapat dalam penelitian.
Berdasarkan data lapangan penelitian ini menunjukkan bahwa pertama masyarakat Desa Sungai Bulian memilih melakukan transformasi lahan karet menjadi perkebunan kelapa sawit ialah karena 1) disebabkan karena harga karet yang sangat murah hanya; 2) karena produksi karet yang menurun; 3) karena proses panen karet yang sulit dan memakan waktu yang cukup lama; 4) dan faktor cuaca yang tidak menentu. Adapun kehidupan ekonomi masyarakat pasca transformasi lahan mengalami perubahan. Kondisi itu bisa dilihat dari pendapatan ekonomi masyarakat yang mengalami kenaikan. Dari segi pendapatan tersebut masyarakat dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pertanian karet; sawit; kebutuhan ekonomi; Sungai Bulian
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 04 Nov 2023 03:47
Last Modified: 04 Nov 2023 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22139

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics