Pemberdayaan perempuan melalui program bank sampah : studi tentang pengembangan sosial, ekonomi dan lingkungan di Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang

Az’zahra, Dinny Indhikri (2023) Pemberdayaan perempuan melalui program bank sampah : studi tentang pengembangan sosial, ekonomi dan lingkungan di Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026053_Dinny_Indhikri_Az’zahra] Text (Skripsi_1906026053_Dinny_Indhikri_Az’zahra)
1906026053_Dinny Indhikri Azzahra_Full Skripsi - Dinny Indhikri Azzahra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Fenomena Bank Sampah Payung Lestari di Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang menjadi salah satu fenomena yang menarik untuk dikaji dalam kaitannya dengan pemberdayaan masyarakat. Bank Sampah Payung Lestari ini diinisiasi oleh ibu-ibu PKK RW 04 yang secara bersama-sama meningkatkan partisipasi perempuan dalam orientasi pemberdayaan. Pemberdayaan melalui bank sampah ini menyangkut pemberdayaan dalam segi sosial, ekonomi dan lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemberdayaan perempuan melalui Bank Sampah Payung Lestari dan perubahan yang dihasilkan dari pemberdayaan perempuan melalui Bank Sampah Payung Lestari.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini yakni data primer dan sekunder. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi partisipative, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam prosesnya, peneliti melakukan wawancara mendalam dengan koordinator, ketua, sekretaris, pengurus seksi pendidikan dan keterampilan, pengurus seksi pilah sampah dan nasabah Bank Sampah Payung Lestari. Sementara itu, data dalam penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan perempuan melalui Bank Sampah Payung Lestari dilakukan dalam lingkup tempat tinggal dan dalam lingkup bank sampah. Dalam lingkup tempat tinggal, pemberdayaan perempuan dilakukan dalam kegiatan pengumpulan, pemilahan dan penyetoran. Sedangkan dalam lingkup bank sampah, pemberdayaan perempuan dilakukan dalam kegiatan penimbangan, pemilahan, penjualan, penabungan, pembagian tabungan dan pelatihan. Adapun perubahan yang dihasilkan dari pemberdayaan perempuan melalui Bank Sampah Payung Lestari yaitu dalam segi sosial, terdapat peningkatan partisipasi, peningkatan produktivitas dan peningkatan relasi sosial. Dalam segi ekonomi, terdapat peningkatan penghasilan dan pengembangan ekonomi keluarga. Sementara itu, dalam segi lingkungan, terdapat peningkatan kebersihan dan penghijauan yang dapat menjadikan lingkungan di Kelurahan Pudakpayung menjadi lebih hijau, asri dan sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan perempuan; perempuan; bank sampah
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 04 Nov 2023 07:03
Last Modified: 04 Nov 2023 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22145

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics