Pola asuh orang tua pada masa golden age anak temper tantrum di Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen Kota Semarang

Hidayah, Nurul (2023) Pola asuh orang tua pada masa golden age anak temper tantrum di Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026062_Endang_Zuliyanti] Text (Skripsi_1906026062_Endang_Zuliyanti)
1906026062_Nurul Hidayah_Full Skripsi - Nurul Hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Beberapa permasalahan pada anak di masa golden age menjadi suatu permasalahan yang menarik untuk dikaji, hal ini berkaitan dengan pengasuhan yang dilakukan orang tua. Anak-anak di masa golden age sering kali mengalami temper tantrum. Dalam menghadapi anak tantrum, orang tua perlu menerapkan pengasuhan yang tepat. Karena pengasuhan yang tidak tepat dalam menghadapi anak tantrum akan berdampak buruk bagi anak di masa yang akan datang. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin mengetahui (1) Bagaimana bentuk temper tantrum anak-anak pada masa golden age di Kelurahan Wonolopo (2) Bagaimana pengasuhan yang diterapkan orang tua dalam mengatasi ekspresi temper tantrum anak (3) Bagaimana alasan orang tua dalam memilih pola pengasuhan yang sudah dipilih.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara secara semi terstruktur dan juga mendalam, serta dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan menggunakan teknis analisis data lapangan pada model Miles dan Huberman (1984) dengan menggunakan teknis analisis induktif dimana peneliti menganalisis data-data yang diperoleh di lapangan kemudian dikembangkan dan dikaitkan dengan teori. Penelitian ini secara substantif menggunakan teori tindakan sosial Max Weber.
Hasil penelitian yang peneliti dapatkan menunjukkan adanya dua bentuk temper tantrum anak-anak di Kelurahan Wonolopo, yaitu temper tantrum verbal dan non verbal. Disesuaikan dengan bentuk tantrum tersebut, orang tua yang memiliki anak temper tantrum di Kelurahan Wonolopo menggunakan tiga jenis pola pengasuhan, diantaranya pola asuh otoriter, permisif, dan otoritatif, serta pola asuh campuran yaitu otoriter dan otoritatif. Berdasarkan pola pengasuhan yang diterapkan dalam menghadapi anak tantrum, para orang tua memiliki alasan tersendiri. Beberapa alasan yang peneliti temukan antara lain, karena budaya, pengalaman orang tua, pendidikan orang tua, dan status sosial ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola asuh; golden age; temper tantrum
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 04 Nov 2023 07:24
Last Modified: 04 Nov 2023 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22147

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics