Implementasi pendidikan inklusi dalam pembelajaran PAI bagi siswa slow learner di SD Suryo Bimo Kresno Semarang

Zakiyyah, Iffah (2023) Implementasi pendidikan inklusi dalam pembelajaran PAI bagi siswa slow learner di SD Suryo Bimo Kresno Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803016141_IFFAH_ZAKIYAYAH] Text (SKRIPSI_1803016141_IFFAH_ZAKIYAYAH)
1803016141_Iffah Zakiyyah_Lengkap Tugas Akhir - Iffah Zakiyyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu banyaknya anak berkebutuhan khusus yang belum mendapat kesempatan pendidikan dan adanya diskriminasi di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran PAI bagi Siswa Slow Learner di SD Suryo Bimo Kresno Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dari berbagai narasumber yaitu kepala sekolah, guru PAI, guru kelas, siswa reguler dan siswa slow learner terkait penerapan pendidikan inklusi dalam pembelajaran PAI, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan inklusi dalam pembelajaran PAI bagi siswa slow learner di SD Suryo Bimo Kresno Semarang meliputi perencanaan pembelajaran yaitu guru PAI menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); proses pembelajaran yaitu guru PAI memilih metode pembelajaran, media pembelajaran, bagaimana dalam mengatur pengelolaan kelas, dan penerapan kurikulum yang tepat; dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan secara lisan dengan melakukan tanya jawab dan memberi soal tertulis saat ujian. Faktor pendukung penerapan pendidikan inklusi yaitu motivasi pendidik, supervisi atau pengawasan saat proses pembelajaran, pemilihan metode dan media pembelajaran yang sesuai, dukungan dari masyarakat dan kontrak kerjasama dengan psikolog (MoU). Faktor penghambatnya antara lain: kurangnya tenaga pendidik, kurangnya kepercayaan siswa slow learner dalam mengikuti proses pembelajaran, sarana atau media pembelajaran yang masih belum lengkap, dan kurangnya pelatihan terhadap guru PAI tentang pendidikan inklusi. Rekomendasi solusi untuk mengatasinya yaitu diadakannya pelatihan terkait sekolah inklusi, menguatkan kepercayaan siswa, penanaman nilai-nilai agama Islam, pemenuhan sarana prasarana dan guru PAI yang harus lebih kreatif dalam memilih model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan inklusi; pembelajaran PAI; dan slow learner
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:40
Last Modified: 10 Nov 2023 10:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22160

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics