Pemberdayaan pengemis gelandangan dan orang terlantar (PGOT) studi Panti Pelayanan Sosial PGOT Mardi Utomo Semarang

Auliana, Khoza (2023) Pemberdayaan pengemis gelandangan dan orang terlantar (PGOT) studi Panti Pelayanan Sosial PGOT Mardi Utomo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026086_Khoza_Auliana] Text (Skripsi_1906026086_Khoza_Auliana)
1906026086_Khoza Auliana_Lengkap_Tugas_Akhir - Khoza Auliana UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan sosial yang muncul akibat urbanisasi di perkotaan seperti fenomena pengemis, gelandangan, dan orang terlantar. Sehingga ditetapkannya larangan melalui Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 5 Tahun 2014 mengenai penanganan pengemis, gelandangan, dan anak jalanan mendapat dukungan dari pemerintah Kota Semarang. Mengatasi masalah kesejahteraan sosial diatas dibutuhkan strategi dan program penanggulangan untuk menaikkan kualitas dan potensi sumber daya manusia agar mampu bersaing di dunia kerja.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan dampak pemberdayaan pengemis, gelandangan, dan orang terlantar yang dilakukan di Panti Pelayanan Sosial (PGOT) Mardi Utomo Semarang. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penyajian data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi nonpartisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan berikasi dengan menggunakan teori pemberdayaan Jim Ife.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan pengemis gelandangan dan orang terlantar yang dijalankan oleh Panti Pelayanan Sosial Pengemis Gelandangan dan Orang Terlantar Mardi Utomo Semarang mempunyai strategi untuk menjalankan pemberdayaan yaitu perencanaan pemberdayaan PGOT, penguatan mental spiritual, membangun interaksi sosial, penyadaran dan pendidikan, dan pelatihan keterampilan. Implementasi kegiatan pemberdayaan PGOT melalui Panti Pelayanan Sosial Pengemis Gelandangan dan Orang Terlantar Mardi Utomo sangat berdampak bagi para penerima manfaat baik seperti adanya peningkatan kualitas kemampuan sumber daya manusia, bantuan ATENSI, dan menciptakan tenaga kerja yang terampil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: PGOT; Mardi Utomo; pengemis, gelandangan
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 11 Nov 2023 07:02
Last Modified: 11 Nov 2023 07:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22171

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics