Analisis SWOT Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Gemilang dalam mengembangkan masyarakat di Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal

Intan, Fikri Dina (2022) Analisis SWOT Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Gemilang dalam mengembangkan masyarakat di Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901046051_Fikri_Dina_Intan] Text (Skripsi_1901046051_Fikri_Dina_Intan)
Skripsi_1901046051_Fikri_Dina_Intan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu program desa yang sangat penting yang dibuat untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat pedesaan sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Balapulang Wetan dinamakan BUMDes Gemilang. Namun, memiliki beberapa faktor pendukung dan penghambat baik dari internal maupun eksternal BUMDes Gemilang. Sehingga penulis membuat rumusan masalah: bagaimana analisis SWOT Badan usaha Milik Desa (BUMDes) Gemilang dalam mengembangkan masyarakat di Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti terlibat langsung dalam menggali data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities dan Threats).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BUMDes Gemilang memiliki Strength (kekuatan) BUMDes Gemilang letak tokonya strategis serta adanya delivery order sehingga menjadi Opportunity (peluang) BUMDes dan menarik minat masyarakat untuk berkunjung. Weaknesses (kelemahan) yang BUMDes Gemilang miliki yaitu kurangnya sosialisasi dan kurang lengkapnya barang yang disediakan maka akan menimbulkan Threats (ancaman) yakni kalah saing dengan usaha yang sama yang sudah ada diluar BUMDes. Oleh karena itu, perlu strategi untuk mengatasi kelemahan dan ancaman yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT; Badan Usaha Milik Desa; BUMDes; Pengembangan Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Nov 2023 06:49
Last Modified: 14 Nov 2023 06:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22178

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics