Strategi pemimpin dalam mewujudkan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Semarang

Febriani, Riski Wahyu (2023) Strategi pemimpin dalam mewujudkan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1901036068_Riski Wahyu Febriani_Skripsi] Text (1901036068_Riski Wahyu Febriani_Skripsi)
1901036068_RISKI WAHYU FEBRIANI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Riski Wahyu Febriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Riski Wahyu Febriani (1901036068) dengan skripsi yang berjudul “Strategi Pemimpin Dalam Mewujudkan Kinerja Pegawai Di Kantor Kementerian Agama Kota Semarang”, Manajemen Dakwah. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Tahun 2023.
Komponen utama demi berjalannya organisasi yaitu adanya sumber daya manusia. Meskipun suatu organisasi memiliki dana yang melimpah, peralatan yang modern, dan kualitas materi yang baik namun ketika nihil manusia, maka mustahil tujuan organisasi tersebut dapat tercapai. Setiap manusia tentunya memiliki sumber daya yang beragam, Oleh karena itu sumber daya manusia dalam suatu organisasi harus dibina, diarahkan serta ditingkatkan kemampuannya untuk kelancaran dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya sebagai aparatur sipil negara. Hal ini yang mengharuskan pimpinan menggunakan strategi yang bisa digunakan dalam optimalisasi kinerja anggotanya demi menggapai tujuan organsiasi secara efisien dan efektif.
Tujuan dari penelitian ini yaitu demi memahami: (1) Keadaan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Semarang (2) Strategi yang digunakan oleh kepala kantor dalam mewujudkan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Semarang. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan studi kasus dan dalam mendapatkan datanya peneliti mengobservasi, mewawancara serta mendokumentasikan kegiatan yang ada. Data yang didapatkan dianalisa dengan model analisis milik miles and huberman melalui pemberian makna pada data yang didapatkan untuk selanjutnya disimpulkan. Uji keabsahan yang digunakan pada penelitian ini ada dua yaitu triangulasi data dan triangulasi teknik.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yakni: (1) Kinerja pegawai secara keseluruhan masih belum bisa dikatakan baik meskipun ada beberapa yang menunjukkan kinerja yang baik, dilihat berdasarkan data penilaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Kantor Kementerian Agama Kota Semarang yang meliputi orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerjasama dan kepemimpinan. (2) Strategi kepala kantor Kementerian Agama Kota Semarang yaitu melalui pengimplementasikan keterampilan seorang pemimpin dengan mengaktualisasikan disiplin kerja, peningkatan motivasi kerja dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan aman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pemimpin; Kepemimpinan; Kinerja; Kantor Kementrian Agama
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:46
Last Modified: 15 Nov 2023 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22189

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics