Peran tokoh agama dalam membentuk kecerdasan spiritual remaja di Perumahan Bukit Semarang Baru (BSB) Jatisari Kota Semarang

Taqiyuddin, Syauqi Muhammad (2023) Peran tokoh agama dalam membentuk kecerdasan spiritual remaja di Perumahan Bukit Semarang Baru (BSB) Jatisari Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1901016081_SYAUQI_MUHAMMAD_TAQIYUDDIN] Text (SKRIPSI_1901016081_SYAUQI_MUHAMMAD_TAQIYUDDIN)
1901016081_Syauqi Muhammad Taqiyuddin_full skripsi ALHAMDULILLAH - Syauqi Muhammad Taqiyuddin UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Syauqi Muhammad Taqiyuddin (1901016081) Peran Tokoh Agama Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Remaja Di Perumahan Bukit Semarang Baru (BSB) Jatisari Kota Semarang.
Kecerdasan spiritual remaja perumahan BSB Jatisari pada dasarnya mengalami sebuah permasalahan kecerdasan spiritual yang cenderung belum stabil, hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhinya, serta terdapat suatu permasalahan yang perlu adanya sebuah solusi dan pembenahan, terutama dalam hal yang berkaitan dengan remaja, seperti: pendidikan, pergaulan, serta minat dalam mengikuti kegiatan sosial dan lingkungan disekitarnya. Maka para remaja yang dahulu belum merasa tertarik dan minat dalam kegiatan keagamaan khususnya, sekarang dengan adanya bimbingan dan arahan dari seorang tokoh agama remaja sudah sangat minat untuk menghidupkan kegiatan keagamaan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Adanya peran dari seorang tokoh agama diharapkan dapat membimbing para remaja untuk membentuk kecerdasan spiritual dan menuntun para remaja untuk mengenal ajaran Islam lebih dalam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengangkat betapa pentingnya peran tokoh agama dalam membentuk kecerdasan spiritual remaja. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang bersifat menggambarkan, menjelaskan dan menguraikan objek yang diteliti secara valid dan tentunya secara sistematis tentang bidang tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan merangkum data.
Dilihat dari hasil penelitian di lapangan, maka berikut ini menunjukkan bahwa beberapa kondisi kecerdasan spiritual remaja BSB Jatisari dilihat dari beberapa aspek yang mendukung kecerdasan spiritual remaja, yakni sebagai berikut:
1. Kondisi kecerdasan spiritual remaja terbagi menjadi tiga aspek yaitu: kesadaran diri mengenai pentingnya memikirkan masa depan, Spontanitas untuk merespon momen yang terkandung dan Kepedulian kepada keluarga maupun dilingkungan masyarakat. Dari tiga aspek tersebut, tingkat kecerdasan spiritual remaja mengalami pembentukan dan perlu dimaksimalkan salah satunya peranan dari tokoh agama.
2. Beberapa permasalahan mengenai aspek yang ada dalam peranan tokoh agama terhadap kecerdasan spiritual remaja di daerah BSB Jatisari sendiri meliputi aspek kesadaran diri, bahwasanya sebelumnya remaja sangat malas untuk mengikuti kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial, dengan adanya tokoh agama maka mereka mau untuk bergabung di kegiatan yang ada di lingkungannya, yang kedua mengenai aspek spontanitas yang dimaksud yakni remaja diajarkan oleh tokoh agama agar bersiap dalam kehidupan dan memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat yang diajarkan melalaui peranan tokoh agamanya, kemudian yang terakhir aspek kepedulian yang diajarkan oleh tokoh agama agar selalu peduli terhadap orang-orang yang ada disekitarnya, dengan tentunya semuanya menggunakan patokan keagamaan yang dapat meningkatkan kecerdasan dalam hal spiritual para remaja dapat dilihat dari aspek kepedulian, spontanitas dan kesadran diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Tokoh Agama; Kecerdasan Spiritual; Remaja Perumahan BSB Jatisari.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 24 Feb 2024 05:12
Last Modified: 24 Feb 2024 05:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22255

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics