Penyuluhan Pencegahan Penularan Hiv/Aids dari Ibu ke Anak (PPIA) PKBI Kota Semarang : analisis tujuan dan fungsi bimbingan penyuluhan Islam

Rodhia, Annisa Robiatul (2023) Penyuluhan Pencegahan Penularan Hiv/Aids dari Ibu ke Anak (PPIA) PKBI Kota Semarang : analisis tujuan dan fungsi bimbingan penyuluhan Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901016049_ANNISA_ROBIATUL_RODHIA] Text (SKRIPSI_1901016049_ANNISA_ROBIATUL_RODHIA)
1901016049_Annisa Robiatul Rodhia_Lengkap Tugas Akhir - Annisa R.R..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penyuluhan Pencegahan Penularan HIV/AIDS dari Ibu ke Anak (PPIA) PKBI Kota Semarang. (Analisis Tujuan Bimbingan Penyuluhan Islam)

Penyuluhan ibu kepada anak tentang bahaya HIV/AIDS merupakan upaya memberikan penjelasan dan informasi sejak awal untuk mendidik orang lain dari yang belum tahu menjadi tahu dan yang tahu menjadi lebih banyak lagi informasi keadaan fisik,mental,intelektual,sosial budaya. Bebas dari penyakit dalam segala hal yang berkaitan dengan HIV/AIDS. Penelitian penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada ibu hamil tentang akan bahaya HIV/AIDS dari ibu ke anak. Agar ibu hamil dan anaknya terhindar dari penyakit HIV/AIDS.
Rumusan masalah pada penelitian ini membahas: 1) Bagaimana pelaksanaan penyuluhan pencegahan penularan HIV/AIDS dari ibu ke anak PPIA Kota Semarang. 2) Bagaimana analisis tujuan dan fungsi bimbingan penyuluhan islam dalam mengatasi pencegahan penularan HIV/AIDS dari ibu ke anak PPIA Kota Semarang. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. serta pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Kemudian materi di analisis dengan tujuan dan fungsi serta memperoleh informasi tentang bahaya HIV/AIDS pada ibu hamil.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Pelaksanaan kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh PKBI Kota Semarang menerapkan unsur-unsur penyuluhan di antaranya yaitu 1. Materi penyuluhan, telntang bahaya HIV/AIDS dari ibul hamil kel anak. Dimana di dalamnya melnjellaskan melngelnai tuljulan dari pelncelgahan pelnullaran HIV/AIDS dari ibul kel anak, pelngelnalan melngelnai HIV/AIDS pelncelgahan pelnullaran HIV/AIDS dari ibul hamil kelpada bayi yang dikandulngnya 2. Metode penyuluhan yaitu metode langsung dengan cara tata muka langsung (face to face) dalam metode ini penyuluh PKBI Kota Semarang berbicara dengan ibu-ibu hamill secara langsung.dan metode seperti tidak langsung,melalui mengirim pesan dengan menggunakan alat komunikasi handphone,surat,email sebagai media upaya penyuluh PKBI Kota Semarang mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bahaya HIV/AIDS dari ibu ke anak 3.Tujuan Penyuluhan untuk mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dari keadaan yang ada. di lihat dari bimbingan penyuluhan Islam, tujuan serta fungsi adapun tujuan bimbingan penyuluhan islam yaitu Melmbantul orang ulntulk melngeltahuli,melngelnali dan melmbantul orang ulntulk melnelrima keladaan apa adanya, sisi baik dan bulrulknya serta bermacam-macam fungsi diantaranya fungsi preventif adalah membantu individu menjaga akan timbulnya suatu masalah bagi dirinya fungsi kuratif adalah membantu individu memecahkan masalah yang sedang dihadapi atau dialaminya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan, Hiv/Aids, Bimbingan penyuluhan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:06
Last Modified: 09 Jul 2024 08:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22263

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics