Keluarga sakinah menurut Quraish Shihab dan relevansinya dengan bimbingan konseling keluarga Islam

Khindarsih, Ukhi (2023) Keluarga sakinah menurut Quraish Shihab dan relevansinya dengan bimbingan konseling keluarga Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901016044_UKHI_KHINDARSIH] Text (SKRIPSI_1901016044_UKHI_KHINDARSIH)
1901016044_UKHI KHINDARSIH_FULL_SKRIPSI - 104 - Ukhi Khindarsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Ukhi Khindarsih (1901016044), Keluarga Sakinah Menurut Quraish Shihab dan Relevansinya dengan Bimbingan Konseling Keluarga Islam.
Tujuan dari pernikahan adalah meraih kebahagiaan dalam rumah tangga yaitu menjadi keluarga yang sakinah, namun pada kenyataannya masyarakat sekitar masih banyak yang belum memahami mengenai bagaimana mewujudkan tujuan dari pernikahan tersebut. Dari beberapa tokoh di Indonesia yang memiliki pemikiran mengenai keluarga sakinah peneliti tertarik meneliti pemikiran Quraish Shihab. Adapun sebab peneliti memilih tokoh Quraish Shihab ialah karena beliau merupakan salah satu tokoh Indonesia yang banyak menaruh perhatian terhadap kehidupan keluarga dan juga karena beliau menempuh pendidikan yang lebih tinggi dibanding penafsir lainnya sehingga karyanya menjadi standar baru bagi studi Al-Qur’an. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana Keluarga Sakinah menurut Quraish Shihab. (2) Bagaimana Relevansi Keluarga Sakinah menurut Quraish Shihab dengan Bimbingan dan Konseling Keluarga Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (Library Research). Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan metode analisis isi (content analysis). Sumber data Primer diperoleh dari buku Perempuan, Pengantin Al-Qur’an, Wawasan Al-Qur’an, dan Tafsir Al-Mishbah. Sumber data sekunder dari buku, kitab, jurnal, maupun artikel yang berkaitan dengan materi yang diteliti. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap relevansi keluarga sakinah menurut Quraish Shihab dengan Bimbingan dan Konseling Keluarga Islam.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Quraish Shihab berpendapat bahwa, sakinah merupakan sebuah keluarga yang di dalamnya terdapat ketenangan dan kedamaian. Indikator keluarga sakinah adalah suami dan istri menjaga mawaddah. meraih rahmah yang dapat menciptakan rasa sabar, serta menjaga amanah yang telah Allah berikan kepada pasangan suami istri. Untuk menumbuhkan sakinah kita perlu mengetahui pentingnya kesetaraan (keseimbangan), musyawarah, dan mengerti kesadaran serta kebutuhan pasangan.
(2) Pemikiran Quraish Shihab tentang keluarga sakinah memberi arahan kepada pasangan suami istri yang sedang menghadapi masalah dalam kehidupan rumah tangga, beliau menjelaskan bagaimana saling melengkapi dan menghormati, bekerja sama untuk menciptakan keharmonisan, dan menyikapi masalah yang hadir dalam keluarga. Jika permasalah tidak kunjung membaik maka Bimbingan Konseling Keluarga Islam adalah alternatif untuk membantu mencari jalan keluar dari permasalahan guna tercipta sebuah keluarga yang sakinah. Sesuai dengan peran Bimbingan dan Konseling Keluarga Islam dilakukan untuk membantu keluarga dalam menyelesaikan masalah. Pemikiran Quraish Shihab yang ditampilkan dalam karya-karyanya terkait cara mengatasi masalah yang terjadi pada rumah tangga relevan dengan peran dan tujuan Bimbingan Konseling Keluarga Islam karena memberikan arahan bagi pasangan dalam mengatasi masalah guna mencapai keluarga yang sakinah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keluarga, sakinah, Quraish Shihab, Relevansi, Bimbingan dan konseling keluarga Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:18
Last Modified: 09 Jul 2024 08:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22265

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics