Bimbingan melalui layanan home visit bagi atlet penyandang disabilitas di National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Kota Semarang : studi peran keluarga dalam menumbuhkan motivasi berprestasi

Haziz, Fara Tiara (2023) Bimbingan melalui layanan home visit bagi atlet penyandang disabilitas di National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Kota Semarang : studi peran keluarga dalam menumbuhkan motivasi berprestasi. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1901016002_FARA_TIARA_HAZIZ] Text (SKRIPSI_1901016002_FARA_TIARA_HAZIZ)
1901016002_Fara Tiara Haziz_ LENGKAP TUGAS AKHIR - Tiara Haziz.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Fara Tiara Haziz (1901016002) Bimbingan Melalui Layanan Home Visit Bagi Atlet Penyandang Disabilitas di National Paralympic Committee Of Indonesia (NPCI) Kota Semarang (Studi Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Motivasi Berprestasi).
Atlet penyandang disabilitas mengalami kurangnya akan kepercayaan diri, tidak yakin akan kemampuannya dan mereka menganggap bahwa keterbatasan yang dialami bisa menjadi penghambat dalam berprestasi. Namun tidak hanya itu saja para penyandang disabilitas ini masih merasakan adanya pandangan sebelah mata dari masyarakat. Karena itu diperlukan peran keluarga dan layanan bimbingan home visit untuk mengembangkan potensinya serta menjadi lebih baik untuk kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran keluarga dan layanan bimbingan home visit bagi atlet penyandang disabilitas di NPCI Kota Semarang dan untuk menumbuhkan motivasi berprestasi pada atlet penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif yaitu: pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan layanan bimbingan home visit dan peran keluarga dalam menumbuhkan motivasi berprstasi bagi atlet penyandang disabilitas di National Paralympic Committte Of Indonesia Kota Semarang sangat bermanfaat bagi atlet penyandang disabilitas untuk meraih prestasinya. Pada bimbingan home visit peran keluarga juga sangat dibutuhkan untuk sama-sama mewujudkan atlet disabilitas yang berprestasi. Adapun peran keluarga yang dilakukan sesuai dengan tindak lanjut proses bimbingan yaitu: sebagai pendidik, memberikan cinta dan kasih sayang, sebagai fasilitator, memberikan pendampingan serta pengawasan, memberi kesempatan, mendorong atau memberi motivasi, serta mengajarkan nilai-nilai agama dan budaya. Proses bimbingan home visit serta peran keluarga yang bekerjasama tersebut mampu menumbuhkan motivasi berprestasi dapat dilihat dari beberapa ciri motivasi berprestasi yakni: a) mempunyai tanggung jawab pribadi yang meningkat semakin baik pemahaman berupa kewajiban menjadi atlet, b) berusaha mencapai cita-cita yang meningkat mampu membuktikan menjadi pemenang dan mendapat juara, c) mempunyai standar keunggulan yang meningkat mampu menentukan tujuan dalam meraih prestasi, d) pemilihan tingkat kesulitan tugas yang meningkat mampu mengembangkan bakat sesuai dengan bidang yang diminati, e) kemampuan dalam melakukan inovasi yang meningkat mampu melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya, serta f) ketahanan dan ketekunan yang meningkat tidak mudah putus asa meskipun mengalami kegagalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Home Visit; Peran Keluarga; Motivasi Berprestasi; Atlet Penyandang Disabilitas
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 06 Jan 2024 06:58
Last Modified: 06 Jan 2024 06:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22293

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics