Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Islam Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara dalam pembelajaran PAI materi meningkatkan keimanan terhadap kitab-kitab Allah dengan penggunaan metode card sort (studi tindakan kelas) tahun pelajaran 2010/2011
Santosa, Santosa (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Islam Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara dalam pembelajaran PAI materi meningkatkan keimanan terhadap kitab-kitab Allah dengan penggunaan metode card sort (studi tindakan kelas) tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111174_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (591kB) | Preview
73111174_bab1.pdf - Accepted Version
Download (30kB) | Preview
73111174_bab2.pdf - Accepted Version
Download (124kB) | Preview
73111174_bab3.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
73111174_bab4.pdf - Accepted Version
Download (39kB) | Preview
73111174_bab5.pdf - Accepted Version
Download (5kB) | Preview
73111174_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Islam Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara dalam pembelajaran PAI materi meningkatkan keimanan terhadap kitab-kitab Allah dengan metode pembelajaran card sort.
Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua kali siklus. Subyek penelitian ini sebanyak 35 siswa kelas IX SMP Islam Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara tahun pelajaran 2010/2011. Cara pengumpulan data melalui tes dan observasi (pengamatan). Adapun keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah jika nilai PAI minimal 70 (sesuai dengan KKM) dan prosentase siswa yang memperoleh skor 70, minimal 85% dari 35 siswa.
Hipotesis penelitian ini adalah ”metode pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Islam Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran PAI materi meningkatkan keimanan terhadap kitab-kitab Allah.
Berdasarkan tabel analisis tingkat kemajuan nilai yang dicapai dalam dua siklus perbaikan pembelajaran diatas, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah memuaskan dan sesuai yang diharapkan yaitu dengan nilai rata-rata siklus I = 76; siklus II = 81,09. Dengan nilai tertinggi siklus I = 92; siklus II = 97. Nilai terendah siklus I = 62; siklus II = 68. Tingkat ketuntasan siklus I = 74%; siklus II = 91%. Oleh karena tingkat ketuntasan yang diperoleh adalah diatas 91%, ini berarti tingkat ketuntasan sudah melampaui 85%.
Berangkat dari pembahasan di atas, peneliti menyarankan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah dengan sub pokok bahasan menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah menggunakan metode card sort (kartu sortir).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Iman kepada Kitab-kitab Allah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 21 Jun 2014 01:26 |
Last Modified: | 21 Jun 2014 01:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2234 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year