Penerapan metode edutainment bagi peningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak pokok materi akhlak terpuji kelas VIII MTs Ar-Rahman Lambangan Kulon Bulu Rembang tahun pelajaran 2010/2011
Islahuddin, Imam (2011) Penerapan metode edutainment bagi peningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak pokok materi akhlak terpuji kelas VIII MTs Ar-Rahman Lambangan Kulon Bulu Rembang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073111175_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
073111175_bab1.pdf - Accepted Version
Download (22kB) | Preview
073111175_bab2.pdf - Accepted Version
Download (95kB) | Preview
073111175_bab3.pdf - Accepted Version
Download (42kB) | Preview
073111175_bab4.pdf - Accepted Version
Download (829kB) | Preview
073111175_bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
073111175_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelkangi oleh selama ini kelas VIII MTs Ar-Rahman Lambangan Kulon Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang proses pembelajran aqidah akhlak lebih mengarah pada proses pembelajran yang bersifat pasif, untuk menjadikan pembelajaran aktif salah satu metode yang bisa diberikan adalah metode edutainment merupakan metode pembelajaran yang menyelipkan humor dan permainan (game) ke dalam proses pembelajaran.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan metode edutainment pada pembelajaran pokok materi akhlak terpuji di kelas VIII MTs Ar-Rahman Lambangan Kulon Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang? 2) Apakah metode edutainment dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Ar-Rahman Lambangan Kulon Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang pada materi pokok akhlak terpuji?
Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan : 1) Penerapan metode edutainment pada pembelajaran Aqidah Akhlak pokok materi akhlak terpuji di kelas VIII MTs Ar-Rahman Lambangan Kulon Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang dilakukan dengan melakukan pembelajaran yang penuh dengan hiburan, pada siklus I menggunakan model active learning tipe every one is a techer here dimana siswa diarahkan membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang didapatkan, siklus II dengan model Inquiry dimana siswa diarahkan mencari jawaban dari masalah yang di dapat melalui kerja kelompok, terakhir pada siklus III menggunakan model quantum learning dimana siswa lebih banyak di ajak menyepakati permainan dan bertanggung jawab atas peraturan yang di buat. 2) Peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Ar-Rahman Lambangan Kulon Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang pada pembelajaran Aqidah Akhlak materi pokok akhlak terpuji setelah menggunakan metode edutainment dapat di lihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik persiklus yaitu pada pra siklus 31,3% menjadi 36,9% pada siklus I, naik lagi pada siklus II menjadi 65,6% terakhir pada siklus III meningkat menjadi 87,5%. Demikian juga dengan keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran juga meningkat per siklus yaitu di siklus I keaktifan siswa mencapai 46,9% naik menjadi 62,5% dan pada siklus III menjadi 84,4% ini menunjukkan apa dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa dan telah mencapai indikator yang ditentukan yaitu 70% ke atas
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Akhlak Terpuji |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 21 Jun 2014 01:32 |
Last Modified: | 21 Jun 2014 01:32 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2235 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year