Optimalisasi peran PTKIN dalam membangun ekosistem pendidikan anti korupsi di Indonesia

Kholiq, Abdul (2023) Optimalisasi peran PTKIN dalam membangun ekosistem pendidikan anti korupsi di Indonesia. UIN Walisongo Semarang, Semarang. (Submitted)

[thumbnail of Optimalisasi peran PTKIN dalam membangun ekosistem_Prof. Dr. H. Abdul Kholiq, M.Ag..pdf] Text
Optimalisasi peran PTKIN dalam membangun ekosistem_Prof. Dr. H. Abdul Kholiq, M.Ag..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (587kB)

Abstract

Pidato ini sampaikan berdasarkan atas keprihatinan kita terhadap persoalan korupsi yang terjadi di negera kita, yang semakin hari semakin memperihatinkan. Persoalan korupsi bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi semua pihak, termasuk perguruan tinggi keagamaan Islam. Cita-cita Indonesia bersih harus diperjuangkan melalui berbagai cara, diantaranya melalui pendidikan antikorupsi yang harus diberikan sejak dini, baik pada lingkup pendidikan informal (keluarga), non formal (masyarakat) maupun pendidikan formal (sekolah). Pada lingkup pendidikan formal, pendidikan antikorupsi harus diberikan sejak TK sampai perguruan tinggi. Sedangkan pendidikan anti korupsi hanya akan efektif jika dibangun ekosistem pendidikan yang baik pada setiap jenjang lingkungan pendidikan. Melalui ekosistem pendidikan antikorupsi yang baik, diharapkan dapat melahirkan generasi-generasi muda yang memunyai integritas yang berani menolak korupsi sekaligus beranimelawan korupsi.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Perguruan Tinggi Islam; Anti Korupsi; Ekosistem Pendidikan di Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Pidato Pengukuhan Guru Besar
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 17 Jan 2024 10:38
Last Modified: 17 Jan 2024 10:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22405

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics