Pembaruan hukum talak dalam kompilasi hukum Islam persepektif mashlahah mursalah

Khoirot, Basyairul (2020) Pembaruan hukum talak dalam kompilasi hukum Islam persepektif mashlahah mursalah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602016041_Basyairul_Khoirot] Text (Skripsi_1602016041_Basyairul_Khoirot)
Skripsi_1602016041_Basyairul_Khoirot.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Talak adalah melepas tali perkawinan dan mengakhiri hubungan suami istri. Hukum Islam menetapkan hak talak bagi suami dan suamilah yang memegang kendali talak, karena suami dipandang telah mampu memelihara kelangsungan hidup bersama. Namun, didalam KHI permasalahan prihal talak dijelaskan dari pasal 115 – 156. Dari pasal-pasal dijelaskan bahwasanya proses talak hanya dapat dilakukan di depan sidang pengadilan agama setelah pengadilan agama tersebut berusaha dan tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak. Karena adanya perbedaan tersebut, maka mengenai talak dalam kompilasi hukum akan dilihat melalui kacamata mashlahah mursalah.
Skripsi ini membahas mengenai ketentuan-ketentuan talak yang terdapat dalam Kompilasi Hukum Islam. Penulis membahas mengenai pembaruan hukum dalam kompilasi hukum Islam mengenai ketentuan talak, pembahasan ini membahas mengenai ketentuan talak dalam kompilasi hukum Islam yang berbeda dengan ketentuan talak yang sudah ada dalam fiqih klasik. Karena adanya perbedaan mengenai pembaruan hukum talak tersebut, maka penulis akan membahas mengenai pembaruan ketentuan-ketentuan talak melalu metode mashlahah mursalah.
Penelitian hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, yaitu meneliti mengenai suatu hukum yang berlaku dimasyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library research). Penelitian ini berusaha mendapatkan data mengenai pembaruan hukum Islam di Indonesia yang terwujudkan dalam Kompilasi Hukum Islam dilihat melalui kaca mata maslahah mursalah. Sember data yang digunakan adalah buku Kompilasi hukum Islam, buku ushul fiqh, dan buku-buku yang mendukung mengenai materi-materi tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, kompilasi hukum Islam merupakan Pembaruan hukum Islam di Indonesia yang merupakan hasil ijma’ ulama Indonesia yang sudah sesuai dengan warga Indonesia. Instrumen hukum yang digunakan sebagai justifikasi diberlakukannya KHI di Indonesia adalah Inpres Nomor 1 Tahun 1991 tanggal 10 Juni 1991. Dasar hukum Inpres ini ditindaklanjuti dengan keputusan Menteri Agama RI Nomor 154 Tahun 1991 tanggal 22 Juli 1991. Kompilasi Hukum Islam didalamnya membahas mengenai ketentuan seseorang jika hendak mengajukan talak. Kedua, Talak dalam Kompilasi Hukum Islam merupakan hasil ijma’ ulama Indonesia. Sehingga isi dari ketentuan tersebut sudah sesuai dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Ketentuan-ketentuan dalam talak tersebut sudah memenuhi ketentuan dalam menggunakan mashlahah mursalah. Ketentuan-ketentuan tersebut sudah sesuai dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi guna menggunakan mashlahah mursalah. Sehingga prihal talak dalam kompilasi hukum Islam sah untuk digunakan oleh warga Indonesia yang beragama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembaruan Hukum; Talak; Kompilasi Hukum Islam; Mashlahah mursalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Feb 2024 02:57
Last Modified: 17 Feb 2024 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22421

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics