Manajemen dakwah Persaudaraan Pencak Silat Sosrobirowo Semarang dalam meningkatkan wawasan keagamaan setiap anggota

Zulfikar, Muhammad Agam (2021) Manajemen dakwah Persaudaraan Pencak Silat Sosrobirowo Semarang dalam meningkatkan wawasan keagamaan setiap anggota. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601036105_Muhammad_Agam_Zulfikar] Text (Skripsi_1601036105_Muhammad_Agam_Zulfikar)
Skripsi_1601036105_Muhammad_Agam_Zulfikar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul : “Manajemen Dakwah Persaudaraan Pencak Silat Sosrobirowo Semarang dalam Meningkatkan Wawasan Keagamaan Setiap Anggota”. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen dakwah Persaudaraan Pencak Silat Sosrobirowo Semarang dalam meningkatkan wawasan keagamaan setiap anggotanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan spesifikasi penelitian adalah deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan diperoleh dari pengurus Persaudaraan Pencak Silat Sosrobirowo Semarang dan kepustakaan yang terkait dengan judul skripsi ini.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan manajemen dakwah Persaudaraan Pencak Silat Sosrobirowo Semarang sudah dijalankan dengan lumayan baik berdasarkan fungsi-fungsi manajemen sebagai proses melakukan kegiatan meliputi perencanaan yakni merancang seagala agenda kegiatan, pengorganisasian yakni membuat sebuah struktur kepungurusan, penggerakan yakni dengan mengaplikasikan secara langsung dari semua agenda yang sudah dirancang, dan pengawasan yakni dengan mengadakan pengawasan langsung terhadap semua pengurus oleh ketua umum secara langsung ataupun tidak langsung. Dari faktor pendukungnya adalah Pencak Silat Sosrobirowo merupakan kebudayaan asli Nusantara dan silat tersebut merupakan silat yang asli berawal dari dunia pondok pesantren sehingga banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya untuk bergabung dalam silat tersebut, selain melestarikan budaya asli Nusantara namun juga adanya unsur tambahan ilmu keagamaan tentang Islam yang diberikan dalam silat tersebut. Sedangkan faktor penghambatnya, kurangnya informasi di luar ataupun di dalam tentang Pencak Silat Sosrobirowo ini. Untuk mengatasi hambatan yang ada sebaiknya pihak pengurus perlu giat untuk mempromosikannya dengan media Sosial media ataupun media-media informasi lainnya.
Dalam meningkatkan wawasan keagamaan pada setiap anggota Persaudaraan Pencak Silat Sosrobirowo langsung di tangani oleh pihak pengurus Persaudaraan Silat Sosrobirowo. Upaya yang dilakukan oleh Pengurus Persaudaraan Pencak Silat Sosrobirowo yaitu dengan membuat sebuah peraturan bahwa setiap anggota yang sudah di lantik dalam Silat tersebut haruslah wajib mengikuti setiap kegiatan yang dilakukan oleh pihak pengurus Persaudaraan Silat Sosrobirowo yaitu kegiatan BTQ untuk anggota yang belum bisa lancar membaca Al-qur’an, kajian-kajian kitab, manaqib, maulid Nabi Muhammad SAW, dan rutinan setiap ahad wage, dan setiap kegiatan tersebut di lakukan di Padepokan Persaudaraan Pencak Silat Sosrobirowo Semarang.
Meningkatkan wawasan keagamaan pada setiap anggota yang dilakukan oleh Persaudaraan Pencak Silat Sosrobirowo Semarang memberikan banyak manfaat bagi setia anggotanya dalam bidang sosial dan religi,. Kesimpulannya adalah dalam meningkatkan wawasan keagamaan setiap anggota Persaudaraan Pencak Silat Sosrobirowo Semarang pihak pengurus sudah menjalankan fungsi-fungsi manajemen sebagai mana mestinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Wawasan keagamaan; Perguruan silat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Feb 2024 08:03
Last Modified: 24 Feb 2024 08:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22477

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics