Manajemen kegiatan keagamaan Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana Pati

Sukma, Elfin Fatika (2020) Manajemen kegiatan keagamaan Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601036111_Elfin_Fatika_Sukma] Text (Skripsi_1601036111_Elfin_Fatika_Sukma)
Skripsi_1601036111_Elfin_Fatika_Sukma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Elfin Fatika Sukma (1601036111) dengan judul penelitian : Manajemen Kegiatan Keagamaan Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana Pati. Masjid bagi umat Islam merupakan kebutuhan mutlak yang harus ada dan sejak awal sejarahnya masjid merupakan pusat segala kegiatan masyarakat Islam.Begitu penting dan besarnya peranan masjid dalam mewujudkan masyarakat Islam yang kita kehendaki. Awal sebenarnya peran masjid tidak hanya sebatas memfasilitasi pelaksanaan shalat, bahkan masjid juga berfungsi sebagai sentral pengendalian kepemerintahan, administrasi, dakwah dan tempat untuk musyawarah.
Jenis penelitian dalam skripsi adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan bagaimana manajemen kegiatan keagamaan di Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana Pati.Dalam pengumpulan data penulis menggunakan sumber data primer adalah ketua ta’mir, ketua yayasan, wakil ketua yayasan, jamaah, serta beberapa pengurus masjid lainnya yang ada di masjid Besar Al-Mukarromah. Data sekunder yang penulis peroleh yaitu berupa data yang berhubungan dengan sejarah latar belakang berdirinya masjid, profil tentang masjid, arsip-arsip atau dokumen mengenai masjid, struktur organisasi masjid dan kegiatan-kegiatan masjid, buku-buku yang berkaitan tentang manajemen, serta data-data yang berhubungan dengan pembahasan ini. Peneliti juga menggunakan metode 1) Observasi, digunakan untuk mencatat dan mengamati secara langsung kegiatan keagamaan yang ada di Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana. 2) Wawancara, digunakan untuk mengumpulkan data tentang bagaimanamanajemen kegiatan keagamaan di Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana dan 3) Dokumentasi, dalam hal ini memperoleh data atau dokumen dari Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana yang terkait profil, sejarah, struktur organisasi, visi dan misi, sarana dan prasarana Masjid. Serta triangulasi data.Sumber data yang digunakan diperoleh dari pengurus Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, Manajemennya sudah cukup efektif dan efisien. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya berbagai macam kegiatan keagamaan yang berjalan sesuai dengan yang diharapkan, hal ini dikarenakan kematangan dalam mempersiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan kegiatan keagamaan yang ada di Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana.
Perencanaan (planning) kegiatan keagamaan yang diterapkan pengurus Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana sudah sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya, adanya perencanaan mampu menentukan program atau kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan dan juga usaha pemakmuran masjid.
Pengorganisasian (organizing) yang ada di Masjid Besar Al-Mukarromah yaitu dengan cara membuat struktur organisasi dan membagi tugas sesuai dengan bidangnya. Setiap pelaksanaan kegiatan dari ketua mengajak pertemuan atau rapat koordinasi dengan semua ketua seksi untuk kerjasama sehingga pelaksanaan kegiatan yang sudah direncanakan bisa berjalan dengan lancar
Penggerakan (actuating) yang dilakukan di Masjid Besar Al-Mukarromah dari ketua umum Masjid Besar Al-Mukarromah memberikan rangsangan dan motivasi kepada pengurus untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.Dalam sebuah organisasi perlu adanya kesadaran yang tinggi memang sangat diperlukan. Dengan kesadaran yang tinggi mampu menjadikan pengurus lebih disiplin dalam mengemban amanahnya masing-masing sehingga kepengurusan masjid akan berjalan dengan baik.
Pengawasan (controlling) yang dilakukan oleh ketua atau wakil pengurus, hal ini dilakukan setiap adanya kegiatan keagamaan berlangsung dan untuk menetapkan kegiatan mana yang telah dilaksanakan pengurus dan jamaah, kemudian dinilai, mana program yang telah berjalan dengan baik dan mana program yang berlum berjalan.Dengan demikian ketua melihat langsung segala kelancaran, hambatan atau kekurangan.
Dengan penerapan fungsi-fungsi manajemen yang ada ternyata kegiatan keagamaan dapat berjalan efektif dan efisien sesuai rencana yang telah dibuat. Kontribusi manajemen terhadap kegiatan keagamaan di Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana sangat besar perananya dalam menumbuhkan persaudaraan antar umat Islam serta mengamalkan ajaran Islam. Selain itu mampu dengan baik mengembangkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan mutu pendidikan, pengetahuan, wawasan serta keterampilan dalam rangka berpartisipasi.
Dengan adanya kegiatan keagamaan yang dilaksanakan pengurus Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Kegiatan keagamaan membawa dampak positif dan menjadikannya motivasi dalam melakukan atau melaksanakan kegiatan keagamaan, sehingga apa yang telah di rencanakan pengurus Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana dapat tercapai dengan maksimal. Dalam kegiatan keagamaan bisa berjalan dengan baik, selain itu kekompakan dari pengurus sendiri dalam bekerja sama serta adanya koordinasi antara ketua dan anggota serta dukungan dari para jamaah akan meyukseskan setiap kegiatan yang sudah direncanakan sehingga mencapai tujuan yang akan diinginkan. Karena tanpa adanya kerja sama serta koordinasi yang baik, kegiatan yang direncakan tidak akan berjalan dengan semestinya.
Dalam setiap organisasi ketika melaksankan kegiatan pasti ada hambatannya, hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan program-program yang telah direncanakan, yaitu masalah kekurangan sarana dan prasarana, kurangnya kedisiplinan dalam tepat waktu.Untuk mengatasi hambatan tersebut menurut penulis dalam mengatasi hal tersebut. Dengan menjalankan program kegiatan dapat menambah sarana dan prasarana agar kegiatan bisa berjalan sesuai rencana.Sedangkan dalam mengatasi masalah kedisiplinan waktu, ketua pelaksana dan penasehat Masjid Besar Al-Mukarromah Juwana bisa memberikan pengarahan para anggota pengurus dan jamaah tidak adanya keterlambatan agar tidak menggangu berjalannya acara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Kegiatan keagamaan; Masjid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Feb 2024 08:11
Last Modified: 24 Feb 2024 08:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22478

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics