Studi korelasi motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran fikih siswa kelas VIII semester gasal di MTs Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati tahun pelajaran 2010/2011

Sufaklam, Sufaklam (2011) Studi korelasi motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran fikih siswa kelas VIII semester gasal di MTs Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111194_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111194_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (780kB) | Preview
[thumbnail of 73111194_bab1.pdf]
Preview
Text
73111194_bab1.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 73111194_bab2.pdf]
Preview
Text
73111194_bab2.pdf - Accepted Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 73111194_bab3.pdf]
Preview
Text
73111194_bab3.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 73111194_bab4.pdf]
Preview
Text
73111194_bab4.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 73111194_bab5.pdf]
Preview
Text
73111194_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 73111194_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111194_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Motivasi Belajar (X), (2) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fikih (Y), (3) Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas VIII Semester Gasal di MTs Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Kecamatan Gembong Kabupaten Pati tahun pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berjenis kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 30 responden., menggunakan data populasi. Pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data (X) dan nilai raport mata pelajaran Fikih semester 1 untuk menjaring data (Y).
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang mendasarkan pada perhitungan angka-angka atau statistik dari suatu variabel untuk dapat dikaji secara terpisah, dan kemudian dihubungkan. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis statistik atau analisis kuantitatif, dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa Kelas VIII semester gasal MTs Tarbiyatul Islamiyah termasuk katergori baik dengan nilai rata-rata 81,03 pada interval 81-84. 2) Prestasi belajar mata pelajaran Fikih siswa Kelas VIII semester gasal MTs Tarbiyatul Islamiyah termasuk katergori baik dengan nilai rata-rata 80,9 pada interval 80-89. 3) Terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Fikih. Ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,628. Pada taraf signifikansi 5 % dengan jumlah responden (N) = 30 diperoleh rt = 0,361, sedang ro = 0,628. Begitu juga pada taraf signifikansi 1 % dengan jumlah responden yang sama (N) = 30 diperoleh rt = 0,463, sedang ro = 0,628, sehingga dengan demikian ro lebih besar dari rt atau dengan kata lain ro > rt. Hal ini berarti menunjukkan signifikansi atau adanya korelasi yang positif antara kedua variabel tersebut. Dari pembahasan sebagaimana tersebut di atas, dapat diketahui bahwa baik taraf signifikansi 5 % maupun 1 % keduanya menunjukkan signifikansi, yaitu ada korelasi yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Fikih.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa dan para guru mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah terutama dalam memberikan dorongan kepada para siswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Pelajaran Fikih; Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Jun 2014 05:37
Last Modified: 23 Jun 2014 05:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2248

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics